Tips Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Kalina

Moderator
Banyak Ibu yang mengkhawatirkan bagaimana cara yang tepat agar perkembangan janin di berbagai organnya bisa lebih maksimal. Namun, tahukah Ibu bahwa salah satu organ penting yang mulai terbentuk sejak janin berusia 4 minggu adalah otak? Otak merupakan organ yang paling vital dan merupakan pusat saraf dari keseluruhan tubuh bayi. Tanpa otak yang sehat, perkembangan buah hati pasti akan terganggu. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar perkembangan janin terutama bagian otaknya bisa semakin maksimal dan sehat :

(-) Fokus pada makanan dengan Omega 3 dan asam folat


Kedua komponen ini merupakan asupan gizi yang dapat membuat otak menjadi lebih sehat. Dengan mengonsumsi Omega 3, bayi kita akan menjadi lebih cerdas sedangkan asam folat menghindarkan otak dari risiko cacat mental.

(-) Waspadai ikan dengan merkuri


Ikan mengandung lemak Omega 3 yang tinggi, terutama jenis salmon dan tuna. Namun perkembangan janin juga tidak akan maksimal jika ikan yang dipilih mengandung banyak merkuri yang secara positif dapat memberi dampak buruk pada pertumbuhan.


Beberapa jenis ikan yang mengandung terlalu banyak merkuri adalah ikan hiu, ikan cucut, dan makarel.

(-) Konsumsilah buah dan sayur

Perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh jumlah buah dan sayur yang dikonsumsi. Otak sama seperti organ lain yang akan semakin optimal kondisi kesehatannya jika mendapatkan vitamin, nutrisi dan komponen antioksidan. Agar otak bayi makin prima, buah dan sayur berwarna gelap patut dipilih seperti sayuran hijau, pepaya, blueberry dan tomat.

Dalam mengonsumsi buah dan sayur, Anda harus menikmatinya dalam kondisi segar agar nutrisinya untuk janin tidak menguap dan terkontaminasi oleh udara dan kuman.

(-) Hindari alkohol


Jurus utama agar perkembangan janin berjalan optimal adalah dengan menghindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol meski dalam jumlah sedikit.

(-) Hindari makan dalam jumlah banyak


Mengonsumsi makanan sehat demi perkembangan janin berbeda dengan menimbun lemak dengan makan terlalu sering. Dr. Lise Eliot mengungkapkan bahwa jika Ibu terlalu gemuk, maka akan meningkatkan risiko bayi lahir prematur yang memengaruhi sistem kerja otaknya.

(-) Waspadai racun, kuman dan bakteri pada makanan


Selalu lihat apakah makanan Ibu sudah dimasak dengan cara yang benar dan matang sempurna. Penyakit semacam kebutaan, kerusakan otak dan ketulian kebanyakan disebabkan oleh makanan yang tidak matang sempurna.

(-) Tetap tenang dan santai


Salah satu kunci agar perkembangan janin optimal adalah dengan membuat diri sendiri merasa nyaman. Dengan begini, Ibu akan jauh dari stres dan membuat buah hati bisa tumbuh dengan lebih baik dan maksimal.

Jadi, melihat beberapa hal di atas, Ibu tentunya sudah siap untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan otak janin, bukan?


source:
ece16f31-a7a3-4480-ae32-cf4eaeb13be2_bilna-logo.png
 
Back
Top