Tips pilih popok bayi yang tepat

raratania

New member
Buat yang baru saja melahirkan atau sedang menunggu launching bayi, bingung gimana sih tau popok bayi yang tepat untuk si adek bayi ini. Popok merupakan kebutuhan paling penting bagi bayi apalagi untuk bayi yang baru lahir nih, jadi jangan sampai salah dalam memilih bun. Non perlu perhatikan juga kenyamanan bayi saat dipakaikan popok bayi.

Umumnya sih yang sering digunakan popok cuci ulang (cloth diaper) dan popok sekali pakai (disposable diaper). Jika pilih popok bayi clodi (cloth diaper) sebaiknya pilih yang bahannya katun, agar saat cuaca sedang panas-panasnya, popok bayi ini dapat menyerap keringat dengan baik. Popok bayi cuci ulang ini harus segera diganti yah saat adek bayi buang air kecil karena lebih mudah basah dan tidak menyerap air.

Sedangkan jika memilih popok bayi sekali pakai maka perlu diperhatikan ukuran popok dengan berat badan bayi. Kulit bayi yang sensitif akan membuat kulit bayi mudah mengalami alergi atau iritasi jika popoknya gak cocok atau karena kotoran yang terpapar pada kulit jika popoknya gak segera diganti.

Memilih popok harus disesuaikan dengan usia bayi loh. Saat adek bayi berusia 0-3 bulan, kulitnya masih sangat sensitif maka sebaiknya pilih popok berbahan lembut. Saat di rumah bisa memakaikan popok cuci ulang berbahan katun, nah saat sedang berpegian baru deh pakai popok sekali pakai.

Di usia ini sebaiknya bayi dipakaikan popok berperekat di daerah pinggang alias yang bukan celana. Karena di usia ini bayi masih memiliki posisi fetal. Ukuran popok yang sesuai adalah S atau nomor 1 atau 2. Untuk mengetahui ukuran popok, bisa lihat di bungkus produk popok bayi sekali pakai.

Saat bayi berusia 4-19 bulan pilih popok sekali pakai dengan daya tampung tinggi karena umumnya di usia ini bayi sudah sangat aktif bergerak. Selain itu juga pilih popok dengan pH balance untuk mencegah rusaknya kelembaban kulit. Nah saat si kecil ini sudah bisa berdiri dan semakin aktif, popok bisa diganti dengan yang berbahan katun atau popok bayi sekali pakai berbentuk celana.

Popok bayi sekali pakai bisa diganti tiap 3 s/d 4 jam atau lebih cepat saat popok bayi sudah basah karena bisa menimbulkan iritasi. Popok bayi sekali pakai jika sudah penuh maka akan tercium bau, segera ganti dengan yang baru.

sumber
 
Back
Top