Cek yuk beberapa penyebab bayi menangis

raratania

New member
Cek Yuk Beberapa Penyebab Bayi Menangis

Jangan salah mengasumsikan bahwa jika bayi menangis sudah pasti karena lapar. Karena masih banyak sebab lain bayi menangis bun. Yuk kita cari tahu apa saja sih yang membuat bayi menangis

Saat lapar
Tangisan bayi saat lapar biasanya terjadi dalam rentan waktu antara 2 sampai 3 jam setelah waktu makan terakhir. Bayi usia 0 sampai 3 bulan biasanya mengeluarkan bunyi “neh” ketika menangis akibat lapar. Bunda juga bisa memperhatikan mulutnya, karena bayi yang menangis karena lapar saat menangis akan membuka-buka mulutnya mencari puting susu ibunya atau mencari apa saja yang bisa dihisap.

Mengompol atau BAB
Tangisan bayi saat mengompol atau BAB umumnya bernada teratur lalu semakin lama semakin keras, kadang bayi akan menendang-nendang. Bayi usia 3 bulan biasanya menangis dengan mengeluarkan suara “heh” saat tidak nyaman karena popoknya basah. Jika hal ini terjadi, bunda segera mengganti popok bayi untuk mencegah ruam pada kulitnya. Ingatlah selalu gunakan popok bayi yang memiliki sirkulasi udara agar si kecil selalu nyaman saat mengenakan popok bayi.

Merasa sendirian
Bayi yang baru lahir selalu membutuhkan rasa aman dengan berada dekat orang tuanya. Nah, inilah yang menyebabkan saat bayi bangun dari tidurnya dan merasa sendirian, ia akan menangis seolah memanggil ayah dan bundanya.

Tidak nyaman
Saat bayi berada dalam rasa yang tidak nyaman dia akan menunjukkan rasa tidak nyaman dengan menangis. Misalnya saat mengenakan popok bayi yang tidak nyaman atau berada di keramaian yang sesak dan panas.

Saat bosan
Bila bayi bosan karena melakukan aktivitas atau bermain yang itu-itu saja bisa membuat bayi bosan. Saat bosan, bayi akan menangis dengan suara agak datar namun terus menerus. Bunda bisa segera memindahkannya ke ruangan lain atau mengajaknya bermain hal lain agar ia terlihat senang dan perlahan berhenti menangis.

Saat bayi merasa lelah atau mengantuk
Jika bayi tiba-tiba mengeluarkan suara “owh” diantara tangisan yang datar dan sesekali berhenti karena menguap maka si kecil merasa mengantuk atau lelah. Sebaiknya bunda jangan menidurkan bayi lewat dari jam tidurnya yah karena hal itu dapat membuatnya rewel dan sulit tidur.

Saat bayi sakit
Bila bayi menangis dengan suara melengking keras dan lama, kemudian berhenti sebentar lalu mulai menangis lagi, biasanya ini menjadi tanda bayi sedang sakit. Bunda bisa segera mengatasinya dan mencari penyebab penyakit si kecil.

Nyeri atau gatal
Saat si kecil merasakan nyeri dan gatal maka bayi akan cenderung merintih. Bunda bisa mencari sumber gatal di lipatan tubuh bayi seperti ketiak dan selangkangan yang bisa saja terjadi iritasi.

sumber

Nah, semoga info ini bermanfaat yah terutama untuk bunda yang baru melahirkan atau bunda yang sedang menanti kehadiran sang buah hati.
 
Last edited:
Back
Top