Ini Dia Cara Agar Kenyang Tapi Tak Bikin Gemuk

Kalina

Moderator
Sedang lapar berat dan ingin makan sebanyak-banyaknya tetapi takut gemuk? Jangan khawatir. Dilansir dari duniafitnes, ini dia cara mengatur makanan agar perut tetap kenyang lebih lama, namun tidak bikin gemuk:

Protein

Protein ternyata lebih mengenyangkan daripada karbohidrat maupun lemak. Masukkan protein pada setiap menu makanan kita, seperti telur, baik telur rebus atau omelet saat sarapan, ikan, susu dan yoghurt.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks memiliki kadar gula yang stabil karena mengandung molekul gula yang kompleks dan tidak dicerna secara cepat. Hal ini membuat tubuh memiliki energi dalam jangka waktu lebih lama karena kadar gula dalam darah tidak melonjak ataupun menurun secara drastis.

Contoh makanan mengandung karbohidrat kompleks di antaranya, beras merah, gandum dan olahannya, ubi, dan masih banyak lagi.

Lemak Baik

Saat berdiet, tubuh kita tentu tetap membutuhkan lemak (lemak baik). Lemak baik dalam makanan dapat merangsang hormon yang membantu para pelaku diet merasa kenyang lebih lama. Sumber lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, biji-bijian, atau kacang-kacangan. Makanan tersebut juga bisa dikonsumsi sebagai menu camilan.

Tambahkan Serat

Tambahkan pula makanan kaya serat seperti sereal, sayuran, dan buah-buahan segar dalam menu sarapan. Makanan kaya serat dapat membantu kita kenyang lebih cepat, sekaligus membantu memperbaiki kesehatan pencernaan saat sedang berdiet. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan dalam menu diet dan dapatkan nutrisi pentingnya.

4f742719-da12-4c83-9afa-7e681ae1a87a_90_logo-dreamers-radio.jpg
 
Back
Top