Wisata Anggur Eksotis di Argentina

wien88

New member
Argentina dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tim sepakbola hebat di dunia. Namun negeri tango ini tak hanya terkenal akan kehebatan tim sepakbolanya, salah satu negara Amerika Latin ini juga merupakan penghasil wine yang mulai diakui kualitasnya di dunia. Ya, beberapa kota di Argentina memang memiliki daya tarik terutama karena industri anggurnya. Tak heran, negeri tango ini menjadi salah satu negara dengan produksi anggur dan wine terbesar di dunia. Penasaran? Berikut wisata anggur eksotis di Argentina yang wajib Anda kunjungi.

1. Salta
vineyards-wines-cafayate-salta-argentina.jpg

Provinsi Salta terletak di barat laut Argentina, dekat Lembah Lerma dan kaki pegunungan Andes. Salta adalah tempat yang sempurna untuk menjelajahi berbagai kekayaan budaya dan sejarah Argentina. Kawasan ini merupakan tempat dimana para pemukim Spanyol jaman kuno dan penduduk asli campuran bermukim untuk pertama kalinya di benua Amerika. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini juga akan tertarik untuk mendaki atau berjalan-jalan di pegunungan terpencil kota. Penggemar kegiatan ekstrem akan menyukai olahraga petualangan dan eksplorasi arkeologi yang menanti di Bendungan Cabra Corral terdekat.

Nah, bagi Anda yang tertarik pada industri anggur dan wine, provinsi ini bisa menjadi awal rute perjalanan Anda. Di wilayah ini, rute yang bisa Anda susuri adalah kota Salta, Cafayete, dan Valle de Lerma. Saat berada di kota Cafayete, jangan lupa untuk mencicipi wine Torontés yang terkenal. Selain itu, wine Cabarnet Sauvignon, Malbec, Syrah, Chardonnay juga bisa menjadi alternatif. Kesegaran anggur di daerah ini akan siap memanjakan lidah Anda.

2. La Rioja
la-rioja1.jpg

Provinsi La Rioja terletak di sebelah barat laut Argentina, berbatasan dengan provinsi Catamarca dan Cordoba di bagian timur, provinsi San Juan di sebelah selatan, dan Republik Chile di barat. Salah satu sektor industri yang utama dari provinsi ini berasal dari tanaman anggur, baik anggur segar dan wine.

Wine Torontés dan wine jenis lain dari wilayah La Rioja ini sering kali mendapatkan penghargaan terbaik di kontes anggur internasional. Beberapa kota penghasil wine di wilayah La Rioja yang tak boleh dilewatkan adalah Chilecito, Nonogasta, Felipe Varela, Villa Castelli, Vinchina, Castro Barros, Anillaco, San Blas de los Sauces, Sanagasta, dan Famatina.

3. Cordoba
Cordoba_1.jpg

Cordoba merupakan kota terbesar kedua di Argentina. Kota ini berisi sejumlah bangunan yang tersisa dari kolonialisme Spanyol seperti gereja dan bagian universitas tertua di negara ini. Selain bangunan bersejarah yang menarik wisatawan, produksi wine dan wisata perkebunan anggur juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kota kaya budaya ini.

Uniknya, Cordoba memiliki tradisi kuno dalam proses penanaman anggur. Salah satu wine terkenal di kota ini yaitu ‘lagrimilla’ yakni wine pertama yang dibawa oleh kaum Yesuit dari Spanyol. Nah, daerah penghasil anggur yang paling terkenal dan wajib Anda kunjungi ketika berada di Cordoba yaitu distrik Colon. Di kawasan ini khususnya di daerah Colonia Caroya banyak terdapat kilang dan pabrik anggur yang masih memproduksi wine secara tradisional. Wisatawan dapat menyaksikan proses pembuatan wine yang unik dan penuh tradisi. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi segarnya anggur dan wine yang klasik ini.

4. San Juan
perkebunan-anggur-san-juan.jpg

Provinsi San Juan terletak di bagian barat Argentina. San Juan merupakan salah satu kota tertua di Argentina. Dalam sejarahnya, kota ini adalah pusat dari konsul Jerman. Tahun 1944 gempa bumi menghancurkan kota ini, namun perekonomian San Juan dapat berkembang dengan baik. Salah satunya dengan produksi anggur. Bahkan San Juan merupakan wilayah penghasil wine peringkat kedua nasional di Amerika Selatan. Anggur yang dihasilkan di daerah ini juga memiliki kualitas yang cukup baik.

Valle de Tulum adalah satu area di provinsi San Juan yang memiliki udara yang kering namun sejuk sehingga bagus untuk budidaya tanaman anggur. Hasil olahan anggur yang terkenal di wilayah ini yaitu wine jenis Syrah. Beberapa kilang anggur yang patut disambangi di sini antara lain Viñas de Segisa, Fabril Alto Verde, Champañera Miguel Más, Las Marianas, San Juan de Cuyo, dan La Guarda. Wisatawan akan disuguhi dengan wine yang segar selama berada di kawasan ini.

5. Mendoza
mendoza.jpg

Mendoza berada di bagian barat Argentina dan merupakan pusat industri anggur terkenal dunia yang terletak di Gunung Aconcagua, salah satu gunung tertinggi di dunia. Industri anggur menjadi salah satu pencarian utama dari bidang agrikultur di kota ini. Terdapat sekitar 1.221 wine yang memproduksi hampir 10 juta hektoliter anggur per tahunnya.

Menariknya, kota Mendoza menyediakan wisata anggur bagi para wisatawan yang biasanya dilaksanakan selama musim panen yaitu sekitar bulan Maret dan April. Di sini pengunjung diperbolehkan ikut serta memetik buah anggur, mengolah dan mencicipi kelezatan anggur Mendoza. Jenis-jenis anggur yang bisa Anda coba di Mendoza antara lain Cabernet Sauvignon, Malbec, Merlot, Syrah, Barbera, Riesling, Chardonnay, Sauvignon Blanc, Chenin, Ugni Blanc, dan Semillón.

6. Neuquen
neuquen.jpg

Neuquen adalah sebuah provinsi di Argentina yang terletak di bagian barat. Provinsi yang berbatasan dengan Mendoza di sebelah utara dan Rio Negro di sebelah selatan ini juga terkenal dengan produksi tanaman anggurnya. Perkebunan anggur banyak terdapat di daerah-daerah berhawa sejuk di kota ini. Adapun produksi wine sendiri, konsentrasinya lebih banyak terletak di sekitar area San Patricio del Chañar dan kota Añelo.

Oya, di kota Neuquen ini Anda bukan hanya bisa mengunjungi perkebunan dan kilang anggur, melainkan juga peternakan. Anda bisa mengenang masa-masa pra sejarah dengan banyaknya peninggalan sejarah seperti fosil Dinasaurus yang ditemukan di sana. Selain itu terdapat tempat-tempat wisata menarik yang ditawarkan di kota ini seperti Caviahue-Copahue, Puerto Manzano, San Martin de Los Andes, Taman Nasional Nahuel Napi, Danau Espejo, dan lainnya.

7. Rio Negro
Rio-Negro-by-Nahuel-Patino.jpg

Rio Negro adalah sebuah provinsi di bagian tengah Argentina di tepi utara Patagonia. Kota ini dikelilingi oleh provinsi Neuquen di barat, provinsi Mendoza dan La Pampa di utara, provinsi Buenos Aires di utara-timur, dan provinsi Chubut di bagian selatan. Letak geografis yang mendukung di kota ini memungkinkan tanaman anggur tumbuh dengan subur. Beberapa daerah maupun desa di Rio Negro cukup terkenal sebagai penghasil anggur berkualitas baik.

Alto Valle del Rio Negro dan sekeliling kota General Roca adalah wilayah paling terkenal sebagai penghasil wine dan champagne di provinsi ini. Produksi wine di area ini sebagian besar bersifat organik, karena udara yang kering memungkinkan anggur tumbuh jauh dari hama, serangga, dan penyakit tumbuhan lain. Saat berkunjung ke sini, Anda harus mencicipi white wine Semillón dan red wine Pinot Noir atau Merlot. Rasanya yang klasik dan lezat akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Obyek wisata lainnya di Argentina yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Perito Merino Glacier, The Salinas Grandes, Air terjun Iguazu Falls, dan masih banyak lagi. Sempatkan pula untuk mengunjungi Buenos Aires untuk sekedar melihat dan mencoba tarian khas negeri ini yakni tari tango. Di ibukota Argentina ini juga terdapat tempat-tempat menarik seperti La Boca, Avenida de 9 Julio, La Recoleta, dan lain-lain.

Untuk menuju tempat-tempat wisata di atas dapat menggunakan transportasi darat maupun udara. Lewat jalur udara, terdapat pelayanan dengan perusahaan penerbangan Argentina yang bernama Aerolineas Argentina -melayani jalur penerbangan nasional dan internasional- dan Austral yang melayani penerbangan antar propinsi. Jika lewat jalur darat, dapat memanfaatkan bis Argentina yang tersedia untuk perjalanan antar kota, antar propinsi dan ke negara tetangga. Di samping itu ada pula kereta api, namun di antara ketiganya yang populer adalah bis dan pesawat terbang. Bus kota di Argentina disebut Collectivo, yang mematok harga $ 1,00 pesos (satu pesos) sekali jalan. Untuk tarif kereta api bawah tanah (subte) sekali jalan yaitu $ 0,70 sen pesos Argentina.
 
Last edited:
Back
Top