Eh ternyata saripati ayam gak hanya untuk obat masuk angin

mpokbibah

New member
Eh Ternyata Saripati Ayam Gak Hanya Untuk Obat Masuk Angin

Den dan non, sebenarnya nih sudah sejak lama saripati ayam diketahui memiliki banyak manfaat yang besar dalam menjaga stamina tubuh. Gak heran banyak banget yang buat sup kaldu ayam atau saripati ayam untuk mengobati penderita amsuk angin. Tapi, ternyata, khasiatnya gak terbatas hanya untuk menjaga stamina loh, tapi saripati ayam juga bisa meningkatkan daya ingat.

Menurut penelitian yang dilakukan Hajime Nagai dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga yang dipublikasikan tahun 1996 dalam Jurnal Ilmiah Antropologi Psikologi Manusia menyatakan saripati ayam bermanfaat dalam pemulihan dari kelelahan yang disebabkan kelelahan beban mental.

Mengkonsumsi saripati ayam dipercaya dapat meningkatkan daya pikir menjadi lebih responsif (cepat) dan meningkatkan daya ingat jangka pendek. Dalam penelitian tersebut melibatkan 20 mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi 70 gram saripati ayam, sementara sisanya mengonsumsi placebo (protein susu) dua kali sehari. Penelitian ini dilakukan selama seminggu, dan pada hari ke-7 para peserta mengikuti tes daya pikir dan mood psikologi.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi saripati ayam memiliki tingkat kesalahan lebih rendah dalam tes aritmatika maupun tes daya ingat jangka pendek, dibanding kelompok yang mengonsumsi placebo.

Ini dikarenakan saripati ayam mengandung asam amino yang dipercaya dapat menambah carnosine dalam tubuh yang berkurang seiring umur. Carnosine sendiri memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi, dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh amiloid beta (zat yang ditemukan di dalam otak pasien penyakit alzheimer).

Menurut Dr. Tsang carnosine dalam saripati ayam ini dapat menambah antioksidan dalam tubuh. Radikal bebas bisa ditahan oleh antioksidan sehingga tidak merusak tubuh. Dan kabar baiknya saripati ayam dapat dikonsumsi untuk semua umur, dari anak-anak hingga dewasa. Dan saripati ayam ini tidak memiliki efek ketergantungan atau efek samping yang biasanya muncul karena justru bagi yang mengkonsumsi mereka akan merasa kesehatannya membaik setelah mengkonsumsi saripati ayam menurut Dr. Tsang lagi.

Sangat disarankan mengkonsumsi pada pagi hari, karena di saat pagi hari mesin otak butuh asupan agar dapat bekerja optimal. Cara paling mudah mendapatkan saripati ayam ialah dengan membuat sendiri kaldu ayam atau membeli suplemen saripati ayam seperti Brands. Ada yang membedakan di antara suplemen dengan buatan sendiri yaitu terletak pada kadar lemak yang sudah dihilangkan pada produk suplemen saripati ayam.

sumber
 
Last edited:
Back
Top