Efektifkah Tusuk Jari Saat Terserang Stroke?

Kalina

Moderator
Ghiboo.com - Pernahkan orang di dekat Anda terserang stroke? Dan apa yang Anda lakukan sebagai pertolongan pertama?

Ya, saat dihadapkan pada posisi itu, banyak orang yang panik harus melakukan apa. Bahkan, ada sebagian orang yang percaya hanya dengan menusuk-nusuk jari hingga berdarah dapat menyelamatkan nyawa penderita stroke. Lantas, apakah cara itu terbukti efektif?

Tentu saja ini salah besar. Menurut dr Eka Harmeiwaty, SpS, ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita, menusuk jari agar darah kental keluar tidak akan memberikan pengaruh apapun pada penderita stroke.

"Ini hanya mitos dan tidak ada bukti ilmiahnya, tetapi masih saja digunakan orang. Kisah nyatanya pasien saya sendiri dan kini malah sedang koma," ungkapnya.

Menurutnya, orang yang terserang stroke harus segera diberikan pertolongan pertama, yaitu segera larikan penderita ke rumah sakit.

"Penderita stroke harus dibawa ke rumah sakit terdekat dan terlengkap sesegera mungkin untuk pertolongan pertama. Dalam waktu tiga jam, penderita stroke harus dapat pertolongan," jelas dr Eka.

Dalam waktu tiga jam, lanjut dr Eka, dokter harus tahu stroke tersebut disebabkan karena ada penyumbatan atau bukan. Setelah itu, baru diberikan perawatan dan obat-obatan yang tepat.

"Ini yang harus disebarluaskan pada masyarakat. Seberapa cepat pasien diberikan pertolongan akan semakin membantu pasien. Sayangnya, masyarakat Indonesia selalu gerak lambat. Terbiasa, harus menunggu anggota keluarga yang lain untuk datang baru lakukan pertolongan," tambahnya.
 
kata tetangga nih... yg biasa jual gamat gamut gamit + amit2 iklannya sampe nyebar di pertigoan, peremputan sampai perlimunan.. cuman dioles2 bisa ngilANGIN tu setrikaan.
(cuman ngolesnya musti baca mantera khusus!)
 
Back
Top