Tanda-tanda Bahwa Anda Seorang Introvert

Kalina

Moderator
tanda-tanda-bahwa-anda-seorang-introvert-20140429-042612-793.jpg

Apa tanda-tanda seorang introvert menurut Anda? Mereka yang duduk di sofa dengan sebuah iPhone di tangan saat pesta sedang berlangsung? Tidak semudah itu untuk menuduh seseorang sebagai introvert, karena introvert bukanlah hanya tentang seorang pemalu saja.

Tanpa disangka, Anda bisa jadi memiliki syarat lengkap untuk menjadi seorang introvert tanpa Anda sadari. Berikut tanda-tanda yang sering nampak dari seorang introvert, dan bukan tidak mungkin Anda adalah salah satu di antara mereka.

Anda tidak ingin mendapat kenalan baru di sebuah pesta

Berpesta memang bukanlah kegiatan rutin yang dilakukan seorang introvert, namun terkadang mereka memiliki ketertarikan dengan alasan tersendiri untuk mendatangi sebuah pesta. Mendapatkan wanita cantik? Bertemu teman-teman baru? Semua itu bukanlah tujuan seorang introvert.

Mereka hanya ingin berkumpul dengan orang-orang yang mereka kenal, walaupun tidak menutup kemungkinan jika akhirnya introvert bisa mendapat teman baru. Namun berkenalan dengan orang asing tidak pernah menjadi tujuan utama seorang introvert.

Tanda lain dalam kegiatan sosial seperti pesta adalah, seorang introvert sering merasa sendiri di keramaian. Hal ini bahkan bisa terjadi ketika introvert berkumpul dengan teman-teman terbaiknya, seringkali dipengaruhi oleh suasana yang dirasa tidak nyaman. Introvert mungkin tidak menolak jika diundang untuk berkumpul, namun bukan berarti ia akan merasa bisa menyatu dengan atmosfir keramaian.

Orang-orang mengatakan Anda terlalu tegang dan berpikiran terlalu dewasa

Apakah Anda senang jika sedang larut dalam percakapan yang melibatkan fanatisme pada sebuah film atau buku? Introvert juga sangat sering mencoba untuk melakukan pembicaraan yang berat. Deep talk adalah makanan seorang introvert, mereka senang melakukan observasi dan menangkap banyak informasi. Hal ini akan membuat introvert terlihat sebagai orang yang bijak, karena introvert selalu berpikir sebelum berbicara.

Menyendiri adalah hal yang nyaman untuk Anda

Bagai sebuah gadget, seorang introvert selalu membutuhkan isi ulang energi dalam bentuk menyendiri. Mereka menganggap 'me-time' sebagai sebuah kebutuhan, dengan melakukan banyak hal yang akan membuat extrovert bosan. Namun ternyata hal ini memiliki kelebihan tersendiri.

Menyendiri akan membuat introvert belajar banyak hal; banyak berpikir akan membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan, introvert yang selalu tertarik dengan ide-ide dengan perdebatan panjang dengan diri sendiri untuk memutuskan mana yang lebih baik. Walaupun seorang introvert lebih tertarik dengan ide-ide dan gambaran luas sebuah keadaan, namun ternyata introvert memiliki kelebihan untuk melihat detail lebih baik. Kelebihan ini bisa dibilang didapatkan dari kegiatan menyendiri yang yang banyak diisi dengan berpikir.

Akibat buruknya adalah, introvert sering susah untuk dihubungi karena terkadang telepon terasa seperti semacam gangguan. Seorang introvert mungkin akan menghubungi kembali setelah mengabaikan sebuah panggilan, karena introvert bukan tidak peduli namun mereka membutuhkan energi untuk berbicara dengan orang lain saat sedang sendiri. Bahkan pada orang-orang terdekat.

Menekuni satu bidang terasa lebih tepat

Menjadi seorang pemikir dengan pertimbangan yang matang adalah kelebihan yang dimiliki seorang introvert. Akibatnya, introvert tidak akan memiliki pikiran yang bercabang dan hanya memiliki satu tujuan dan fokus yang baik. Jika seorang introvert ingin menjadi seorang programmer, ia akan menekuninya hingga benar-benar mampu menguasai bidang tersebut. Introvert tidak akan cepat teralihkan dari tujuannya, tidak bisa terbawa arus karena otaknya seolah telah diprogram memiliki fokus yang sangat baik.

Anda seorang penulis

Ada alasan yang cukup jelas kenapa seorang introvert mampu menjadi penulis yang baik. Introvert memilih untuk tidak banyak berinteraksi dengan orang-orang, karena itu menulis akan membantunya mengatakan sesuatu. Di zaman modern, mungkin buku bukanlah media utama melainkan lewat blogging. J.K. Rowling adalah salah satu contoh introvert yang akhirnya menjadi salah satu penulis paling laris lewat tujuh serial Harry Potter. Memang tidak selamanya menjadi seorang introvert itu buruk. Jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut, Anda mungkin bisa membiasakan diri dengan membuang hal-hal yang buruk demi menjadi pribadi yang lebih baik.

2f64d07d-2e6e-4ceb-9434-263997af882f_talkmenlogo-1-.png
 
suka menulis... iya banget! kalo udah gak bisa mendam sendiri dan gak ada yang bisa jadi tempat curhat, nulis satu-satunya jalan keluar supaya "lega"
 
suka menulis bukan berarti introvert kok. gue suka nulis tapi kayaknya gak termasuk introvert deh hehehe
 
saiia mah slu pengen dapet kenalan baru *khususnya wanita* :))

menyendiri cuma kadang-kadang aja,,lebih suka menghabiskan waktu bareng-bareng,,
 
Back
Top