CPNS siluman, indikasi korupsi di pemerintahan

zackysetya

New member
Kasus honorer K2 siluman yang tidak memenuhi kriteria jalur K2 namun tiba-tiba namanya lolos ke KemenPAN belum lama ini cukup menjadi perhatian serius dari pemerintah. Indonesia Corruption Watch (ICW) mengendus bau korupsi dalam proses rekrutmen CPNS 2013. Febri Hendri, peneliti ICW mengatakan ada ribuan daftar nama honorer K2 siluman yang tidam memenuhi kriteria jalur K2 namun tiba-tiba namanya lolos ke KemenPAN. Agar bisa lolos, maka tentu ada sejumlah uang yang harus disetor.

Dari bukti-bukti yang ditemukan lembaga ini, nilai dugaan korupsi untuk kelulusan tenaga honorer tersebut juga bukan angka yang kecil. “Honorer K2 yang lolos CPNS dengan memberikan uang bervariasi mulai Rp 80 juta hingga Rp 120 juta per orang dan masih ada beberapa pungutan lainya,” kata Febri kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (18/3).

Tahapan perekrutan CPNS saat ini masih belum rampung. Berkas-berkas yang dari tiap daerah dikumpulkan dan diserahkan ke Kemenpan di pusat. Febri menyebutkan, dari total sekitar 650 ribu orang honorer K2 yang lolos sejauh ini ada 228 ribu orang. “Kami khawatir berkas yang dikirim ke pusat ini berkas siluman,” ujarnya. Dia mengungkapkan, dari 500 orang honorer K2 yang lolos dalam rekrutmen di Kabupaten Blitar, 56 persen diduga siluman. Selain di Blitar, saat ini, pihaknya sudah menemukan 5 kabupaten lain yang juga terindikasi korupsi.
Febri memprediksi kondisi itu tidak jauh beda dengan wilayah lain. Jika ditotal, nilainya tentu sangat fantastis. “Kalau satu kabupaten saja ada separoh yang siluman,saya yakin ada separoh dari seluruh Indonesia yang palsu. Kalau Rp 100 juta dikali 200 orang, nah bayangkan berapa duit yang bermain,” paparnya. (sumber : detik.com).


lihat kumpulan soal cpns disini
 
Last edited:
Back
Top