Cara Membangun Trafik

exabytesid

New member
Secara umum, ada 3 jenis traffic :

1. Organic traffic

2. An-organic / paid traffic

3. Direct traffic

sumbernya di http://support.google.com/analytics/answer/1247841?hl=en

Kita bahas dulu tentang organic (search) traffic ya.

Organic traffic ini kebanyakan datang dari search engine, seperti google, yahoo, dan bing. Ketika kita mengetik “kata kunci”, maka akan muncul beberapa web yang dihasilkan dari pencarian tersebut. Jika kita memilih suatu web dari hasil pencarian, maka web akan mendapatkan organic traffic. Semakin tinggi rangking kita pada suatu “keyword”, akan semakin besar peluang kita mendapatkan pengunjung.

Selain dari search engine (SEO), organic traffic saat ini juga dapat diperoleh dari social media seperti twitter, facebook, dan youtube. Selain itu dari backlink web site lain juga merupakan bagian dari organic traffic.

Apa untungnya Organic Traffic?

1. Gratis. Kita tidak perlu bayar, cukup lakukan optimasi dan SEO

2. Bisa untk jangka panjang. Jika kompetisi relatif longgar, maka web kita akan bertahan berbulan-bulan bahkan bertahun tahun di halaman pencarian search engine.

3. Meningkatkan kredibilitas. Dengan berada pada posisi di rangking 1 google, tentu meningkatkan kredibilitas dari web site kita. Dan tentu google hanya memilih web yang baik untuk tampil di rangking atas.

4. Bisa menghasilkan uang. Kita bisa berjualan produk kita sendiri, menjual produk orang lain (affiliate), atau bisa juga menjual space yang disewakan jika pengunjung tertarget kita cukup banyak.

Apa ada kekurangannya?

Tentu ada saja. Organic traffic itu tidak bisa instant. SEO membutuhkan waktu. Berapa lama? tentu tergantung kata kuncinya. Untuk kata kunci kelas menengah yang menghasilkan biasanya butuh waktu antara 2-3 bulan. Pengen cepat dapet pengunjung? bayar saja adword atau PPC lainnya.

Selain itu tentu SEO itu membutuhkan skill, baik secara teknik penulisan maupun programming. Tapi jangan takut, saat ini banyak sekali tersedia tools yang membantu kita untuk mendapatkan optimasi SEO dengan lebih mudah.

Dalam membangun suatu bisnis online, sebaiknya kombinasi dari 3 sumber traffic diatas. Berapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan :

1. Optimalisasi web bisnis kita dengan SEO, sesuaikan keyword-nya

2. Gunakan email dan social media, fb, twitter untuk mempromosikan web dan produk kita

3. Anggarkan sedikit biaya marketing untuk fb ads, adword, atau PPC lainnya.

4. Manfaatkan offline marketing dengan mempromosikan web kita di materi-materi promosi

5. Perkenalkan web kita via SMS, BBM, line, whatsup, …

6. Manfaatkan forum, kaskus, detik forum untuk mendapat traffic

7. Pasang juga artikel di marketplace seperti tokobagus.com, bukalapak.com, tokopedia, dll
 
Tentunya tidak lupa juga dengan kualitas konten website kita. Karena walaupun kita mencoba membangun traffic dengan SEO, dll jika website kita buruk dan ga "up to date", maka hanya akan menimbulkan Bounce Effect.
 
Tentunya tidak lupa juga dengan kualitas konten website kita. Karena walaupun kita mencoba membangun traffic dengan SEO, dll jika website kita buruk dan ga "up to date", maka hanya akan menimbulkan Bounce Effect.

Sepakat. Konten adalah raja di era sekarang. Gak jarang karna salah pakai seo, yang malah kena satpam google bisa di tendang
 
Informasinya padat dan lugas. Kontent berkualitas dan unik mbah gugel seneng tuh, jangan asal copas ya!
 
emang dah konten yang unik pasti nomor satu, apalagi kalo bisa jadi viral. dijamin langsung naikk traffic nya :b
 
Mengikuti kontes, berpartisipasi dalam diskusi-diskusi di forum-forum internasional maupun nasional bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk meningkatkan traffic ke website yang anda miliki
 
Persaingan untuk di nomor 1 atau halaman 1 pencarian google memang sangat ketat, ane rasa ada tu pakar-pakar SEO yang terlibat, sayangnya ilmunya dipendem aja...pengalaman ane, situs ane hanya bisa bertengger di no 2 selama dua hari aja di google habis itu kegeser lagi diurutan 10, weleh-weleh....

By the way, infonya bagus gan, tambah perdalam lagi...
 
Back
Top