Non, Den Hati-hati Virus MERS Mengintai Keluarga

raratania

New member
Baru saja aku baca ada satu virus lagi yang aneh, yang sedang mengintai keluarga, virus MERS. Virus ini adalah jenis virus yang menyerang organ pernafasan terutama di saluran pernafasan, dan ini menyebabkan kematian. MERS singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome.

Virus ini awalnya ada di Arab Saudi tahun 2012. Menurut Metro TV news, sudah ada sekitar 112 orang yang jadi korban yang tewas karena virus ini. Sementara ada 411 orang terinfeksi MERS di Arab Saudi.

Tempo pun mengabarkan ada satu warga bernama Nurhayati Ahmad Amin berasal dari Indonesia yang meninggal karena virus MERS ini di RS King Saud, Jedah, Arab Saudi.

Wuih, ngeri banget yah. Bahkan nih menurut WHO, ada 1 orang dari 3 orang yang memiliki kemungkinan meninggal karena terinfeksi virus MERS.

Nah gimana caranya mengenali gejala yang ditimbulkan virus MERS ini?

• Biasanya disertai batuk dan demam mirip flu biasa
• Terkena diare pada beberapa orang
• Urine nya berwarna keruh seperti warna the
• Fisiknya jadi mudah lelah
• Sesak nafas (nafas jadi pendek)

Apa ada diantara keluarga den atau non yang sedang mengalami gejala seperti ini? Virus MERS ini berbahaya loh karena jika imun tubuhnya menurun maka virus dapat menyerang lebih cepat terutaam organ hati dan ginjal, dan itu menyebabkan kesehatan penderita menurun terus, dan jarang ada penderita MERS yang dapat bertahan.

Isu yang sedang beredar, virus MERS ini udah masuk ke Indonesia, katanya sih di Bali dan Surabaya. So, musti tetap waspada yah dalam menjaga kesehatan keluarga kita.

Faktanya penyakit ini sudah menyebar ke Amerika. Berita dari New York Times mengatakan seorang pria dari petugas kesehatan di Indiana yang baru kembali dari Arab Saudi sudah tejangkit virus MERS ini.

Dan hati-hati juga virus MERS ini unik banget loh penularan nya. Virus ini dapat menular antar manusia secaa terbatas, dan tidak terdapat transmisi penularan antar manusia yang berkelanjutan.

Kemungkinan juga penularannya dapat melalui percikan dahak (droplet) saat pasien batuk atau bersin, dan juga melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus.

Lalu bagaimana menangani penyakit akibat virus MERS ini?

• Penderita MERS harus segera diisolasi dan mendapat perawatan sekaligus observasi. Bila ini menyerang si kecil, berikan perawatan dan kenyamanan untuk si kecil yah.
• Jaga kesehatan keluarga dengan menghindari kerumunan yang banyak terdapat virus penyebar penyakit seperti rumah sakit, mall, dan tempat umum lainnya.
• Gunakan masker kalau berpergian ke luar, apalagi dengan polusi udara yang udah berbahaya seperti sekarang.
• Jangan lupa untuk selalu memberikan tubuh istirahat yang cukup baik untuk diri kita maupun untuk si kecil agar selalu fit
• Terakhir jaga pola makan keluarga dengan pola makan yang sehat, pilih yang menunya bergizi dan sehat yah. Jangan terlalu banyak makan daging yah mendingan ikan jauh lebih sehat, perbanyak juga sayur dan buah. Untuk karbohidrat bisa pilih nasi merah atau kentang rebus.

sumber : a good parenting, askep-net.blogspot
 
Back
Top