E-business dan e-commerce

EsterAntonia

New member
Dari dulu aq bertanya2 apa bedanya e- businesse dan e-commerce. Sekarang baru aq tahu.

E-business adalah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen/ klien, bertukar data dalam satu perusahaan dengan menggunakan internet. Bertukar data dalam perusahaan itu contohnya jika manajer pembelian PT X(kerja di kantor pusat,misal Jakarta) ingin tahu data penjualan barang Y dari kantor cabang di kota Ambon. Nah ia minta dikirimin datanya melalui internet. Dengan cara ini lebih mudah, murah dan cepat.
Sedangkan e-commerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Akan tetapi sekarang orang yang melakukan e-commerce juga melakukan e-business secara bersamaan. Alhasil perbedaan makna dari e-business dan e-commerce semakin sempit...

Gitu deh...
 
Saya rasa sudah benar. Itu kan cuma istilah saya sendiri banyak ketemu istilah ecommerce karena memang kita kan sering jual beli online termasuk ecommerce. Jual beli online makin makmur istilah ini semakin marak diperbincangkan.

Sedangkan apa kata Thread Starter saya juga setuju. Ebusiness juga termasuk ecommerce dimana dalam pemanfaatan ebusiness, pihak ketiga akan mendapatkan fee dari produk yang dijual ataupun servis yang diberikan. Contohnya coba lihat contoh ecommerce dan ebusiness yang bersamaan disini mas Ecommerce Logistics Software. Website ini memberikan system bagi bisnis lain untuk menjalankan ecommerce mereka sehingga dapat disebut sebagai ebusiness namun disaat yang bersamaan mereka mencari keuntungan lewat jasa/produk yang dijual dimana disebut dengan ecommerce. CMIIW.
 
Back
Top