Nih Loh Den and Non Tips Jitu Bebas Kolestrol

johnnypetot

New member
Den, non, lo semua pasti tau kan kalau lemak itu ada yang mengandung kolestrol jahat (LDL : Low Density Lipoprotein) dan kolestrol baik (HDL : High Density Lipoprotein). HDL ini berfungsi melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Sedangkan LDL ini dapat menempel pada pembuluh darah. Kalau HDL nya sedikit, lo tau kan akibatnya?

Makanya kalau kebanyakan lemak LDL, bisa kena berbagai penyakit, seperti stroke, jantung, terutama lagi kena kolestrol tinggi yang disebabkan menempelnya si LDL ini pada pembuluh darah dan tidak dilarutkan oleh HDL.

Banyak cara sebenarnya untuk menurunkan kadar LDL ini. Obat-obatan berbahan kimia yang sebagian kita kenal, dinilai cukup efektif dalam menurunkan kadar kolestrol, tapi harus diingat bahwa obat-obatan seperti itu ada efek sampingnya.

Daripada obat-obatan kimia, kenapa tidak coba saja menurunkannya dengan cara alami. Cara alami yang dimaksud adalah meningkatkan HDL alias kolestrol baik yang dapat dimanfaatkan tubuh untuk mengolah vitamin yang larut dalam lemak. HDL ini bisa dapatkan pada sejumlah makanan seperti kacang-kacangan, minyak ikan, ikan segar, dan coklat hitam.

Selain itu lo bisa coba cara ampuh ini untuk mengendalikan kadar kolestrol dengan baik :

• Konsumsi makanan berserat
Seperti gandum, kacang-kacangan, sayur, dan buah, karena dapat meyerap kolestrol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

• Diet
Diet disini bukannya tidak makan sama sekali loh. Tapi diet disini mengurangi porsi makan lo dan lo lebih banyak konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolestol. Seperti misalnya minum susu low fat, kurangi konsumsi daging, banyakin makan ikan seperti tuna, salmon, dll. Begitupun dengan minyak, jangan pernah menggunakan minyak jelantah (minyak yang dipakai berulang-ulang) karena itu kadar kolestrolnya jahat banget.
Sebaiknya sih makan makanan yang dipanggang atau direbus, dan kurangi yang digoreng.

• Hindari kalau perlu berhenti merokok dan konsumsi alcohol
Nih buat lo yang masih sering ngerokok bahkan kalau ngerokok ngalahin kereta api, ngebul mulu, mending berhenti dari sekarang daripada lo kena kolestrol jahat yang bisa menyebabkan kanker, stroke, jantung. Apalagi kalau ditambah masih suka minum alcohol, waduh mending STOP dari sekarang. Perlu lo tau, kandungan nikotin, dan zat-zat dalam alcohol yang gak baik itu mudah menumpuk dalam aliran darah loh. Dan lo tau darah selalu membantu mensuplai makanan ke otak dan seluruh jaringan anggota tubuh. Nah kalau yang dibawa si darah bukan zat-zat yang baik untuk tubuh, lo bisa bayangin gimana itu mesin dalam organ tubuh lo bekerjanya?

• Konsumsi suplemen bebas kolestrol
Selain itu lo bisa konsumsi saripati ayam brands yang bebas kolestrol dan lemak jenuh pastinya. Bukan kaldu ayam loh, tapi saripati ayam murni. Kalau buatan sendiri biasanya masih nyisa tuh kolestrolnya. Saripati ayam yang murni itu prosesnya direbus dengan metode double boiling (kukus ganda) secara steril . Dan ini yang membuat saripati ayam itu bebas dari lemak dan sehat murni.Kalau aku sih selalu konsumsi ini di pagi hari, dan bukan di malam hari, kenapa? Karena kalau di malam hari, justru jadi sulit tidur, karena si saripati ayamnya bekerja meningkatkan kerja otak, jadinya gak bikin ngantuk.

• Konsumsi antioksidan
Antioksidan bisa lo dapetin dari buah-buahan seperti jeruk, strawberry, papaya, wortel atau labu. Bawang putih juga bagus loh untuk menurunkan kadar kolestrol.

• Olahraga secara teratur
Atur waktu olahrgamu secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga berat badan tetap ideal. Usahakan olahraga minimal seminggu sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Contoh olahraga yang bisa dipilih seperti latihan olah pernafasan atau disebutnya BEP. Teman gue udah pernah coba itu sehari dua kali pagi dan sore. Hasilnya tubuhnya jdi lebih sehat dan gak gampang sakit. Selain itu lo juga bisa pilih jogging seminggu sekali, renang, basket, atau badminton. Yang penting tubuh bergerak deh.

sumber : sigmanews
 
Back
Top