5 Tanda Makanan Mengandung Protein Mulai Anda Butuhkan

citranidya

New member
Keseimbangan gizi dalam tubuh manusia sangatlah penting. Salah satu gizi yag sangat kritis dibutuhkan tubuh adalah protein. Agar tubuh dapat bekerja secara sempurna maka metabolisme protein dalam tubuh harus menjadi perhatian utama. Bila terjadi ketidak seimbangan atau dalam jumlah yang kurang dari seharusnya, maka akan timbul gejala-gejala bahwa anda mengalami defisiensi protein seperti berikut ini.


Pengertian Protein : Fungsi dan Sumber

Protein adalah senyawa dalam tubuh yang terdiri dari ikatan komplek. Protein sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu "protos" yang berarti "yang utama" (wiki).

Dimana fungsi protein sebagai penjaga struktur tubuh manusia dengan membuat sel-sel baru yang dibutuhkan oleh tulang, daging dan lainnya. Protein ada disemua bagian tubuh manusia dari darah, hormon, dsb dalam bentuk asam amino.

Makanan Mengandung Protein
Sumber protein sendiri terdapat dalam dua jenis menu makanan sehat, yaitu protein nabati yang berasal dari tumbuhan. Kacang-kacangan merupakan makanan mengandung protein yang paling mudah ditemukan. Terutama dalam makanan asli Indonesia yaitu tempe dan tahu. Ada juga protein hewani yang pastinya berasal dari hewan. Daging, telur dan susu menjadi penghasil utama protein untuk manusia.

Tanda-Tanda Kekurangan Protein
Dibawah ini ada beberapa gejala yang memperlihatkan bahwa anda mulai mengalami defisiensi protein di dalam tubuh.

Menginginkan Makanan Manis
Tanda pertama bahwa tanda mengalami kekurangan protein adalah anda selalu menginginkan makanan yang berasa manis dan merasa tidak pernah cukup kenyang. Salah satu fungsi dari protein ada menjaga kadar gula dalam darah. Artinya apabila kadar protein rendah, maka tingkat glukosa akan berada pada seluruh tubuh dan hal ini dan mendorong anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen.

Berpikir Lambat
Keseimbangan kada gula dalam darah sangat penting untuk menjaga anda tetap fokus. Ketika protein dalam tubuh anda rendah maka kadar glukosa akan berada pada tingkat yang tidak stabil dan anda tidak akan bisa berpikir jernih.

Rambut Rontok
Protein merupakan struktur yang membangun seluruh sel anda termasuk folikel atau akar rambut. Apabila akar rambut kuat, hal ini dapat menjaga rambut tetap ditempatnya. Tapi apabila anda mengalami nutrisi yang rendah pada kulit kepala, maka anda akan mendapati penyebab rambut rontok pada kepala anda.

Merasa Lemas
Protein berfungsi juga dalam membentuk otot. Apabila anda kekurangan protein, maka otot akan mengecil. Oleh karena itu para binaraga membutuhkan makanan protein tinggi untuk dapat membentuk otot yang besar.

Mudah Sakit
Otot anda bukan semata-mata tempat tersimpannya tenaga. Daya tahan tubuh yang merupakan sistem imun juga penting, dan protein banyak dibutuhkan pada bagian tersebut. Apabila anda terlalu sering dan mudah terserang flu atau infeksi dibandingkan dengan orang lain, anda bisa jadi sedang mengalami masalah dengan protein. Jika kulit Anda tidak kuat karena kekurangan protein, anda mungkin mulai melihat kerusakan (seperti kuku retak), yang berpotensi mengekspos Anda terhadap patogen yang menyebabkan infeksi.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda mengalami gejala seperti diatas yang berarti sedang membutuhkan makanan mengandung protein untuk kesehatan anda.

sumber : betabicara.com
 
Back
Top