Den, Non Ini Nih Proses Pembentukan Otak Manusia

johnnypetot

New member
Aden dan non, penasaran gak sih dengan otak manusia? Otak kita itu kayak gimana sih proses pembentukannya? Dari info yang gue dapet, kayak gini nih prosesnya :

• Pembentukan dan perkembangan otak manusia dimulai dengan pembentukan lempeng syaraf (neural plate), proses ini dimulai saat masih dalam kandungan usia 3-4 minggu. Lempeng syaraf ini kemudian menggulung dan membentuk tabung syaraf (neural tube).
• Di usia 2-3 bulan mulai terlihat cikal bakal otak besar di ujung tabung syaraf, dan selenjutnya terbentuk batang otak, otak kecil (serebelum), dan bagian-bagian lainnya.
• Di usia kehamilan antara 3-4 bulan terjadi proses produksi dan penambahan jumlah sel syaraf (proliferasi). Ada tambahan lapisan yang tersusun dan semakin melengkapi sel yang sudah terbentuk sebelumnya.
• Dan di usia kehamilan 3-5 bulan sedang berlangsung proses migrasi atau perpindahan sel syaraf.
• Menginjak usia 5 bulan kehamilan dan beberapa tahun setelah kelahiran, terjadi proses perubahan sel syaraf (deferensiasi), pembentukan jalinan syaraf (sinapsis) dan pembentukan selubung sel syaraf(mielinisasi). Proses penambahan jumlah sel syaraf ini akan selesai beberapa saat setelah bayi dilahirkan dan menginjak usia 2 tahun sel syaraf ini tidak akan bertambah lagi jumlahnya.

Dan perlu lo tau, saat sudah menginjak usia anak-anak, otak mengalami 3 tahapan perkembangan yaitu :

• Otak primitif (action brain)
Yang berfungsi mengatur fisik untuk bertahan hidup, memgelola gerak refleks, mengendalikan gerak motorik, memantau fungsi tubuh, dan memproses informasi yang masuk dari pengindraan.

• Otak limbrik (feeling brain)
Ini berfungsi memproses emosi dan sebagai penghubung otak primitif dan otak pikir.

• Otak pikir (thought brain)
Bertugas menerima masukan dari otak primitif dan otak limbrik.

Nah, agar ketiga otak ini berfungsi dengan baik, anak butuh pengalaman tertentu yang dapat merangsang seluruh inderanya. Bagian otak primitif yang disebut reticular activating system (RAS), yaitu wilayah otak yang membuat seorang anak mampu memusatkan perhatiannya.

Sebaiknya sih pemberian stimulus kepada anak diberikan sejak anak masih berada di dalam kandungan, misal dengan diajak berbicara, mengelus, membacakan cerita, diperdengarkan musik, dsb. Rangsangan dapat mengoptimalkan kemampuan otaknya.

Oleh karena itu, asupan gizi berpengaruh besar terhadap pembentukan otak. Gizi dan suplemen sangat berpengaruh untuk pembentukan daya ingat. Asupan seperti ikan, telur, dan susu serta camilan yang membantu daya ingat dapat membantu proses pembentukan daya ingat.

Begitu juga dengan suplemen yang dapat membantu menjaga daya ingat juga punya peran besar untuk otak. Suplemen saripati ayam seperti Brands berfungsi untuk memberi gizi pada otak, menjaga daya ingat, dan meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir fokus, serta yang paling penting bebas kolestrol.

sumber : funandfact.com ; calondosenkebidanan.blogspot
 
wah tips menarik... untuk bekal kalau tia hamil nanti nih :D ternyata asupan gizi saat hamil benar-benar mempengaruhi pertumbuhan janin yang ada di dalam rahim kita :)
 
kuasa tuhan emang sangat besar ya non kalin, bisa menciptakan bayi di dalam rahim wanita dengan proses yang begitu rumit... tapi bisa jadi sesempurna itu
 
Back
Top