Meningkatkan Kinerja Notebook AMD dengan Update Drivers

kin_banjarmasin

New member
Lenovo-G405s_5.jpg


Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendongkrak kinerja notebook Anda yang menggunakan platform AMD, mulai dari mengganti atau menambah komponen di dalamnya, seperti RAM, dengan kapasitas yang lebih besar. Cara tersebut mengeluarkan dana yang bisa dikatakan cukup besar. Kami sebut besar karena pada saat Anda ingin membeli komponen, Anda akan dihadapkan kepada pilihan spesifikasi yang lebih besar dan lebih cepat dengan perbedaan kemampuan yang hanya sedikit lebih tinggi, sehingga akan keluar dari dana yang telah Anda anggarkan. Terlepas dari penggantian hardware, ada cara lain yang lebih ekonomis, yaitu melakukan update driver CPU dan GPU AMD dengan yang lebih baru yang bisa Anda unduh di webside resmi AMD.

Cara kedua bisa dikatakan gratis, asalkan Anda mempunyai koneksi Internet yang baik sehingga tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengunduhnya. Anda tinggal masuk ke webside resmi AMD dan memilih driver yang cocok dengan komponen AMD yang terpasang di dalam notebook Anda. Setelah itu, Anda tinggal mengunduhnya dan meng-instal driver AMD Catalyst baru. Banyak yang mengabaikan hal ini dikarenakan ketidaktahuan akan pengaruh driver. Tetapi, hal ini cukup dapat meningkatkan kinerja notebook dengan platform AMD untuk bermain game 3D.

Kami akan mencoba menunjukkan perbedaan performa antara notebook dengan driver yang terupdate dengan yang tidak terupdate. Untuk spesifikasi yang di usung kedua notebook tersebut, dapat Anda lihat di bawah ini.

Kami akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana sebuah driver AMD Catalyst dapat meningkatkan kinerja notebook Anda ketika digunakan untuk bermain game. Untuk pengujian ini, kami menggunakan dua buah notebook, Acer Aspire V5 552G dengan driver AMD catalyst 13.101 dan notebook Lenovo G405S dengan driver AMD catalyst 13.35. Setelah rangkaian test yang kami lakukan tersebut, kami melakukan update driver pada kedua notebook tersebut ke driver terbaru AMD catalyst 14.4.

3DMark Cloud Gate
acer-3dmark-500x479.jpg

lenovo-3dmark.jpg


Pada benchmark 3DMark Cloud Gate, Anda dapat melihat update driver ke AMD catalyst 14.4 pada kedua notebook itu dapat meningkatkan kinerja notebook tersebut.

Battlefield 4
acer-bf4.jpg

lenovo-bf4.jpg


Pada game Battlefield 4 yang kami bebankan, Anda akan mendapatkan kinerja lebih baik dengan driver AMD catalyst 14.4, FPS yang didapat meningkat sehingga Anda akan mendapatkan permainan game yang lebih baik dan lebih mulus.

Dota 2
acer-dota-2-rev.jpg

lenovo-dota.jpg


Setali tiga uang, kinerja kedua notebook tersebut meningkat setelah Anda melakukan upgrade AMD catalyst 14.4, FPS yang didapat meningkat cukup baik dan gambar yang akan dihasilkan akan lebih baik dibandingkan driver sebelumnya.
Kesimpulan

Meningkatkan kinerja sebuah notebook dengan platform AMD tidaklah selalu mahal tetapi bisa Anda lakukan dengan cara yang mudah dan gratis. Kedua notebook yang kami benchmark dengan melakukan update driver ini meningkat kinerjanya dan game 3D yang kami bebankan pada kedua notebook ini meningkat beberapa FPS yang berarti Anda akan mendapatkan tampilan yang lebih baik dari sebelumnya. Kami sarankan Anda selalu memantau update driver pada webside resmi AMD sebulan sekali untuk dapat meningkatkan kinerja notebook yang Anda gunakan.

Anda hanya memerlukan koneksi Internet yang baik untuk dapat meng-unduh driver AMD terbaru ini dan mencari driver mana yang cocok dengan spesifikasi yang diusung oleh notebook Anda pada webside resmi AMD dan setelah itu Anda tinggal meng-instal driver tersebut dan mengikuti petunjuk di dalamnya. Mudah bukan? Selamat mencoba!

sumber : www.jagatreview.com
 
Back
Top