Wisata Bersejarah Kuburan Massal Di Aceh

timothyganda

New member
Aden dan Non, lo masih inget gak dengan bencana dahsyat 2004 silam yang mengguncang Aceh dan sekitarnya. Yup bencana tsunami yang sudah lewat itu masih membekas dan meninggalkan trauma buat masyarakat Aceh. Salah satu desa yang paling parah saat peristiwa tsunami itu adalah desa Ulee Lheue karena lokasinya paling dekat dengan pantai.

2.Mengenang-Kesedihan-Tsunami-Aceh-di-Kuburan-Massal-Ulee-Lheue.3.jpg


Akibat dari tsunami tersebut, ribuan orang di desa tersebut meninggal. Dengan banyaknya korban yang meninggal membuat jenazah sulit dikenali saat itu. Sementara itu, tidak mungkin bukan jika jenazah dibiarkan terlalu lama sehingga jenazah tersebut harus segera dimakamkan. Oleh sebab itu, jenazah yang belum dikenali akhirnya dimakamkan secara massal.

Buat lo yang tertarik untuk datang dan mengunjungi pemakaman massal ini, silakan kunjungi di Jalan Pocut Baren no. 30, halaman bekas gedung RS Meuraxa. Di lahan makam massal tersebut, ada sekitar 14.264 korban yang dikubur dalam satu tempat tanpa nisa. Hanya ada tiang penanda yang memberitahukan lokasi kuburan untuk korban dewasa dan korban anak-anak.

Untuk menuju ke kuburan massal Ulee Lheue ini gak sulit kok karena lokasinya cukup dekat dengan kota Banda Aceh. Jika lo menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat Banda Aceh lo bisa melewati sepanjang Jalan Sultan Iskandar Muda yang menuju ke pelabuhan Ulee Lheu.

2.Mengenang-Kesedihan-Tsunami-Aceh-di-Kuburan-Massal-Ulee-Lheue.1.jpg


Sebelum bundaran Ulee Lheu, lo akan ketemu Jalan Pocut Baren di sebelah kiri jalan. Lo tinggal melewati jalan ini dan tak jauh dari sana sudah terlihat komplek makam massal yang adanya di sisi kiri jalan.

Kalau lo memakai angkutan umum, lo bisa naik labi-labi dengan rute keudah-punge, ulee lheue dari terminal Keudah. Saat naik angkutan umum ini, lo akan berhenti di persimpangan jalan yang menuju ke Pocut Baren dan berjalan kaki menuju ke kompleks makam. Ada juga alternatif lainnya, lo bisa pakai becak motor.

Kuburan massal Ulee Lheue ini berada di bawah naungan SUBDIN Pemakaman Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banda Aceh. Tempat ini sangat tertata dan terawat dengan baik. Bagian atas lahan sudah ditanami dengan rumput dan pepohonan. Sekeliling kompleks makam juga sudah dibatasi pagar dan setiap dinding pagarnya bertuliskan 1 dari 99 Asmaul Husna yakni 99 nama indah Allah SWT.

2.Mengenang-Kesedihan-Tsunami-Aceh-di-Kuburan-Massal-Ulee-Lheue.2-1024x575.jpg


Dalam komples makamnya ada bekas gedung RSUD Meuraxa. Rumah sakit ini sudah tidak digunakan lagi karena bangunannya rusak parah akibat tsunami. Saat ini RSUD Meuraxa sudah dipindahkan di daerah Milbo yang letaknya di Jalan Soekarno Hatta.

Masih ada lagi sebenarnya kuburan massal di Aceh ini. Bukan hanya Ulee Lheue, seperti Lhoknga yang ada di Aceh Besar, dan Siron di Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda, Ingin Jaya, Aceh Besar.

sumber : yukpegi
 
Back
Top