Nutrisi Pada Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Harus Ada

citranidya

New member
Diet yang tepat merupakan faktor penting dalam kehamilan. Dengan asupan makanan yang penuh gizi dapat membantu dalam pertumbuhan janin. Sang jabang bayi akan selalu dalam kondisi sehat karena mendapatkan sumber nutrisi yang dibutuhkan selama dalam rahim ibunya. Selain itu makan yagn sehat juga untuk menjaga tubuh terutama rahim sang ibu untuk dapat merawat calon anak hingga melahirkan. Sehingga dibutuhkan nutrisi tertentu yang harus ada pada makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil seperti berikut ini.
Pentingnya Makanan dengan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus memperhatikan apa yang dimakan setiap hari. Karena makanan yang dikonsumsi harus mengandung nutrisi untuk dapat mencukup kebutuhan gizi sang bayi dan juga ibunya. Beberapa zat yang umum dikonsumsi seperti karbohidrat, protein, zat besi menjadi perhatian utama. Makanan bergizi untuk bayi dalam kandungan sama juga dengan yang dikonsumsi oleh ibunya harus memiliki beberapa zat-zat penting seperti dibawah ini :

Makanan Sehat untuk Ibu Mengandung


Kolin

Kolin dan asam folat berfungsi untuk membantu untuk melindungi bayi dari kerusakan sel otak. Beberapa penelitian meunjukkan bahwa dengan menkonsumsi cukup kolin ketika ibu mengandung dapat meningkatkan pertumbuhan otak bayi. Konsumsi kolin yang dianjurkan sebanya 450 miligram. Dan tidak boleh lebih dari 3.500 mg perhari. Zat kolin banyak terdapat pada telur, daging, ikan dan biji-biian.

Docosahexaenoic Acid (DHA)

DHA merupakan satu tipe dari asam lemak omega-3. Zat ini membantu meningkatkan sensor motorik bayi, mental dan perkembangan penglihatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa zat DHA menurunkan resiko kelahiran prematur. Dan DHA dapat meningkatkan kesehatan dengan mengurangi resiko sakit jantung. Konsumsi yang dianjurkan (RDA = Pregnancy Recommended Dietary Allowance) adalah 200 mg. Sumber makanan yang mengandung DHA adalah ikan salmon, tuna, sarden. Bagi yang tidak menyukai ikan, dapat mengkonsumsi makanan yang telah ditambah DHA.

Potasium
Mendapatkan cukup potasium setiap hari dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah normal. Potasium juga membantu menghindari batu ginjal dan tulang rapuh. Jumlah yang dikomsumsi adalah 4.700 mg. Jenis makanan yang mengandung potasium seperti buah dan sayuran terutama pisang, kentang, bayam, jus jeruk dan jus tomat.

Riboflavin
Riboflavin juga dikenal sebagagai vitamin B2. Ibu yang sedang mengandung dan sang bayi sangat membutuhkan zat ini untuk perkembangan sel darah, kulit dan pencernaan. Jumlah yang direkomendasikan untuk diminum adalah 1,4 mg. Sumber makanan yang mengandung susu tanpa lemak, telur, almon, bayam, brokoli, daging ayam, salmon dan juga daging sapi.


Vitamin B6
Mendapatkan cukup vitamin B6 selama kehamilan sangat penting untuk perkembangan otak bayi dan juga fungsi kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan mengkonsumsi vitami B6 membantu mengurangi rasa mual dan ingin muntah selama mengandung. Jumlah ang dkonsumsi sebanyak 1,9 mg, dan jangan lebih dari 100 mg perhari. Sumber makanan terbak yang memiliki vit B6 adalah sereal, pisang, kentang, daing ayam, salmon, bayam, dan jus sayuran.

Vitamin B12
Tubuh sangat membutuhkan vitamin B12 utuk menjaga sel darah dan sel otak bekerja dengan normal. Fungsi vitamin B12 juga untuk menghindari anemia, yang dapat membuat penderita mudah merasa lemas dan letih. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 2,6 microgram. Vitamin B12 terdapat pada makanan seperti kepiting, salmon, susu skim, daging sapi, daging ayam dan kalkun.


Vitamin C
Vitamin c berfungsi untuk meningkatkan penyerapan jumlah zat besi dari makanan, membantu menyembuhkan luka, dan juga meningkatkan kekebalan. Jumlah yang harus dikonsumsi 85 mg dan tidak dianjurkan melebihi dari 2.000 miligram perhari. Vitami c banyak terkandung pada buah dan sayuran. Beberapa sumber vitamin C terbaik terdapat pada jus sitrus, cabe merah manis, cabe hijau, buah kiwi, strawberi, tomat dan brokoli.

Vitamin D
Vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium dari makanan dan pembentukan tulang pada bayi agar kuat. Dan juga membantu syaraf, otot, kekebalan agar dapat bekerja secara normal. Jumlah vitamin D yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebanyak 600 international unit (IU) atau mikrogram, jangan melebihi 4.000 IU. Sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah salmon, tuna, keju, telur, jamur, sereal, susu, jus buah dan kedelai. Berjemur dibawah sinar matahari selama 15 menit perhari dapat meningkatkan kandungan Vit D pada tubuh.

Zinc
Tubuh sangat memerlukan Zinc untuk membantu pertumbuhan bayi secara normal. Zinc juga membantu penyembuhan luka dan meningkatkan sistem kekebalan. Satuan jumlah yang perlu dikonsumsi sebanyak 11 miligram dan tidak boleh melebihi dari 40 miligram perhari. Zinc dapat diperoleh dari makanan seperti kepiting, daging sapi, kacang, susu kalkun.

Mendapatkan nutrisi pada menu makanan sehari-hari yang dimakan oleh ibu hamil menjadi syarat penting agar bayi dapat tubuh secara normal dan sehat. Selain itu sang ibu memiliki tubuh yang sehat pula ketika merawat janin dan bayi nantinya.

Sumber : Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
 
salah satunya makanan yang dapat meningkatkan daya ingat jabang bayi sekaligus stamina untuk si ibu hamil tuh, misalnya saripati ayam
 
Nice info gan. Tapi sering loh gan banyak produk yang tidadk cocok untuk ibu hamil itu seperti rasanya gk enak, atau khasiatnya.
Saya sih menggunakan susu ibu hamil[/URL] dari prenagen gan. Cocok untuk saya. Boleh di coba deh
 
Last edited by a moderator:
salmon bener banget tuh, ponakan ane pas masih di perut dikasih salmon mulu ibunya. sekarang pinter bener dah
 
tapi kalo ibu hamilnya alergi seafood gimana ya? padahal kan ikan katanya yang bagus buat bayi..

Biasanya, alergi seafood itu, terhadap sea animal, atau yang berasal dari air asin macam laut..
Bisa diganti dengan ikan air tawar.. gizinya kurang lebih sama..
Kalau masih ragu, bisa konsultasi dengan dokter saat cek kehamilan.
 
iya, garula..

Saya termasuk yang alergi ikan laut. Tp kalo makan udang ama cumi, ga papa..
Jadi, yaa harus mulai suka ikan lele..
 
Memang benar Dengan asupan makanan yang penuh gizi dapat membantu dalam pertumbuhan janin, oleh karena itu perlu tambahan susu untuk ibu hamil yang mengandung Protein, ALA/LA, Nukleotida, Prebiotik, Asam Folat, Kalsium serta Zat Besi.
 
Perlu juga tambahan susu bu karena dalam susu juga mengandung
Protein:
Protein yang terkandung dalam produk Friso lebih mudah dicerna, karena seluruh proses produksi, mulai dari pakan rumput berkualitas hingga menjadi produk akhir, dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan yang berlebihan, sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga kualitasnya.

ALA/LA:
Merupakan asam lemak penting bagi perkembangan sel yang normal.

Nukleotida:
Nukleotida adalah nutrisi mikro yang berfungsi membangun blok-blok DNA dan RNA sebagai inti dari sel tubuh, sehingga dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan saluran pencernaan. Nutrisi ini pun mendukung kesehatan pencernaan si Kecil serta dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

Prebiotik:
Fructo-oligosaccharides(FOS) berfungsi sebagai serat makanan yang menstimulasi pertumbuhan bakteri 'baik' untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Asam Folat:
Dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, dapat mendukung perkembangan janin, khususnya mengurangi risiko kecacatan.

Kalsium:
Berguna untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Zat Besi:
Berguna untuk mencegah dan mengatasi anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

sumber : susu ibu hamil
 
Back
Top