Tetap Sehat Selama Puasa? Bisa Kok, Nih Tipsnya

mpokbibah

New member
Den dan Non, bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah buat lo semua yang menjalankannya. Tapi, biasanya kendala selama puasa adalah tubuh lemas, dan gak bertenaga. Sebenarnya meskipun saat puasa harus menahan haus dan lapar seharian, lo harus tetap bugar dan sehat.

Gimana biar badan tetap sehat dan bugar selama puasa sebulan penuh? Nih aku bagi tips nya yah :

1. Hindari junk food
Buat lo yang demen banget junk food, makanan cepat saji atau makanan olahan, harus hindari yah. Karena ini makanan hampir tidak ada nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jangan pernah malas memasak makanan sendiri di rumah selama bulan puasa.

2. Hindari makanan putih
Makanan putih yang dimaksud adalah roti, nasi, dan gula. Lo bisa ganti dengan yang lebih sehat seperti roti gandum, nasi merah, atau madu sebagai pemanis alami. Karena beberapa makanan putih diproses dengan menggunakan komposisi yang kurang menyehatkan dan mengalami penurunan kadar nutrisi.

3. Hindari makanan yang membuat dehidrasi
Udah umum kalau pas puasa lo kena masalah dehidrasi. Kalau gak mau kena dehidrasi, coba konsumsi makanan yang banyak mengandung air, dan hindari kopi, soda saat sahur yah.

4. Hindari makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng, terlalu manis atau pedas sangat tidak dianjurkan dikonsumsi selama puasa. Karena semua makanan itu sulit dicerna tubuh dan juga memicu masalah kesehatan serius. Sebagai ganti, pilih makanan yang direbus atau dipanggang.

5. Batasi karbohidrat
Selama puasa, kurangi porsi karbohidrat. Perbanyak konsumsi serat dan protein. Ini bertujuan agar perut kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan.

6. Minum yang cukup
Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa. Setelah berbuka, lo harus banyak minum air putih. Kebutuhan hidrasi tubuh sekitar 1,5 liter air per harinya. Yah kalau dihitung sekitar 8 gelas air per hari. Jadi saat sahur lo minum 4 gelas, saat berbuka 4 gelas. Lebih malah bagus, biar ga dehidrasi.

7. Makan yang sehat
Lo sebaiknya menerapkan diet sehat saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis dalam jumlah besar, karena tidak akan memuaskan rasa lapar dan justru menganggu pola makan. Lebih baik konsumsi kurma karena dapat mengisi ulang energi dengan cepat. Saat sahur, gue saranin konsumsi saripati ayam murni brands, gue udah coba saat sahur, stamina dan konsentrasi tetap terjaga serta bebas kolestrol dan lemak. Jadi tubuh gak gampang lemas selama puasa.

8. Jangan langsung berbuka dalam porsi besar
Mulai dengan makan sup, kolak, atau makanan pembuka lainnya dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

9. Jangan makan terlalu banyak
Saat berbuka, jangan makan berlebihan karena bukan hanya mengganggu tubuh tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih. Meski puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, lo harus tetap makan tiga kali sehari, pertama pas sahur, kedua saat berbuka, dan ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

10. Banyak Makan buah-buahan
Pas sahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting nih untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

11. Tidur cukup
Jika mungkin, tidur di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi

12. Minimalkan penggunaan tenaga fisik
Untuk para atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan ramadhan. Dianjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.

Nah, den dan non, itulah sedikit tips sehat dan bugar selama puasa, semoga puasanya lancar dan memberi kesehatan bagi tubuh. Selamat berpuasa buat aden dan non yang menjalankannya.

sumber : merdeka dan jaringnews
 
tambahan dari tia.... jangan napsu saat buka minum minuman yang dingin dalam porsi banyak!!! sakit pasti *Tia sakit soalnya pas awal puasa gara-gara itu*
 
iyap, tia benar..

Kalin..
Pas sahur, makan sayur dan daging/ikan. Nasi sedikit. Minum air putih cukup.

Bukanya..
Pertama air putih biasa.. Trus makan kue.
Baru sudah itu minum sirup.. :D
Lanjut deh, makan makanan berat..
Terakhir baru pencuci mulut.. :D

setelah tarawih, makan cemilan :D
 
iyap, tia benar..

Kalin..
Pas sahur, makan sayur dan daging/ikan. Nasi sedikit. Minum air putih cukup.

Bukanya..
Pertama air putih biasa.. Trus makan kue.
Baru sudah itu minum sirup.. :D
Lanjut deh, makan makanan berat..
Terakhir baru pencuci mulut.. :D

setelah tarawih, makan cemilan :D
bener2... tia buka puasa kalau ga pakai teh manis hangat... tapis ebelumnya di batalkan dengan air putih 1 teguk... setelah itu makan gorengan mantap... malam baru makan nasi :D
 
Back
Top