Den dan Non Ini Asupan Sehat Untuk Sahur dan Berbuka

mpokbibah

New member
Masih dalam suasana puasa nih, den dan non. Biasanya nih ya kalau pas puasa, yang paling gak ngenakin itu saat energy tubuh semakin menurun, respon yang datang pasti rasa lapar, hehehe benar kan? Lalu bagaimana cara mengatasinya agar di jam-jam makan siang respon rasa lapar ini tidak muncul dan energy tubuh tidak semakin menurun?

Salah satunya dengan memperhatikan asupan apa yang jadi menu makanan saat sahur dan berbuka. Menu makanan yang memberikan rasa awet kenyang akan membantu meminimalisir rasa lapar ketika berpuasa. Coba yuk simak 6 menu makanan yang dapat menjadi asupan sehat saat sahur dan berbuka dan tentunya awet kenyang.

1. Sup
Sup ini bisa jadi menu yang coock untuk sahur dan berbuka. Karena terdiri dari berbagai sayuran dan kandungan cairan yang ada di dalamnya dapat membuat rasa kenyang tahan lama.

2. Oatmeal
Buat lo yang susah makan saat sahur, pilihan asupan oatmeal ini merupakan pilihan sahur yang nikmat. Oatmeal merupakan sumber terbaik serat dan fitokimia yang membuat jantung dan tubuh jadi sehat. Oatmeal juga membuat tubuh awet berenergi. Jadi, dengan konsumsi oatmeal tubuh gak gampang lemas saat puasa.

3. Kentang
Yang sedang diet, kentang gue rekomendasikan jadi menu untuk sahur dan berbuka. Karena kentang juga sama ngenyanginnya dengan nasi. Lo bisa modifikasi ini makanan, misalnya kentang tutup atau kentang makaroni keju leleh. Kentang dengan topic keju plus daging cincang dan dipanggang, hmm yummy. Kalau mau dapet nutrisi yang penuh makan saja bersama dengan kulitnya.

4. Telur
Hmm telur ini proteinnya tinggi, dan juga bisa buat kenyang lebih lama. Ada sebuah penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles yang membuktikan bahwa orang dengan berat badan lebih yang mengkonsumsi telur sebagai menu sarapannya cenderung lebih bisa menahan lapar.

5. Buncis
Perlu lo tau, di setiap porsinya buncis ini mengandung protein, vitamin, mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Sangat dianjurkan konsumsi buncis ini jadi menu saat sahur dan berbuka karena sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Bukan hanya membuat awet kenyang, namun dengan seratnya yang tidak larut, buncis ini mampu menurunkan kolestrol.

6. Pasta
Lo pasti kenal dengan namanya pasta dong? Makanan olahan ala Italia ini sangat nikmat dan popular. Pasta ini kaya akan serat dan protein, membuat perut awet kenyang, bahkan pasta ini juga membantu pembentukan otot tubuh.

7. Suplemen saripati ayam
Jadikan ini sebagai menu asupan tambahan saat sahur karena saat beraktivitas tubuh butuh stamina dan konsentrasi yang tinggi agar aktivitas yang padat bisa berjalan dengan sempurna. Pilih saripati ayam murni misalkan saripati ayam brands yang bebas lemak dan kolestrol aagr stamina bisa tetap terjaga dan konsentrasi bisa meningkat sehingga aktivitas sehari-hari bisa tetap berjalan lancar.

8. Air putih
Nah, yang satu ini juga penting loh. Saat sahur dan berbuka harus tetap konsumsi air putih, dianjurkan minimal 1 liter air harus masuk dari mulai buka puasa sampai tidur. Dan selama puasa 2 liter air harus tetap dikonsumsi, jadi saat sebelum sahur sebelumnya minum dulu 2 gelas air putih, dan sehabis sahur sebelum imsak minum 2 gelas air putih.

Ada beberapa contoh menu sahur dan berbuka yang sehat, nih gue coba kasih beberapa di antaranya yah

Contoh menu sahur sehat
• Nasi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang
• Bubur kacang hijau plus gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur, serta buah jeruk
• Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat
• Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang, telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur, serta buah pepaya

Contoh menu berbuka puasa
• Nasi merah dengan sate ayam dan buah pisang
• Nasi merah dengan soto ayam, dan buah jeruk
• Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah
• Minuman manis alami tanpa gula misal air kelapa, jus dari buah-buahan misal melon, semangka. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik.

Nah, gan semoga info asupan untuk menu sahur dan berbuka nya bermanfaat yah buat semuanya. Terima kasih buat yang baca. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya dan selalu sehat selama puasa yah sampai hari Raya nanti.

sumber : health.kompas, pekanbaru.co
 
Back
Top