Notebook AMD: Lebih Kencang dengan Memory Dual Channel

kin_banjarmasin

New member
P_20140523_174028_HDR.jpg


Saat ini, berbagai notebook dengan APU AMD yang beredar di pasaran umumnya sudah cukup mumpuni untuk penggunaan harian dan bermain game 3D pada resolusi dan setting tertentu. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa notebook-notebook yang menggunakan APU AMD di dalamnya masih dapat Anda tingkatkan kinerjanya? Hal itu umumnya dapat dilakukan dengan beberapa cara yang salah satunya adalah dengan mengaktifkan konfigurasi memori dual channel.

Kebanyakan notebook dengan APU AMD sebagai motor penggeraknya hanya menggunakan memori single channel. Produsen umumnya hanya menggunakan satu keping memori SODIMM DDR3, baik itu dengan kapasitas 2 GB atau 4 GB.

Bila Anda berencana untuk meningkatkan kinerja dari notebook berbasis AMD APU yang Anda miliki, cara yang paling mudah serta tidak memakan biaya yang terlalu besar adalah dengan menambahkan memori pada slot yang telah tersedia atau menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar. Satu hal yang pasti, penambahan memori tersebut harus mengaktifkan konfigurasi dual channel agar bandwidth memori yang tersedia untuk APU cukup besar.

CPU-Dual-channel-500x167.jpg


Satu hal yang wajib Anda ingat untuk meng-aktifkan dual channel memory ini adalah diperlukannya dua buah memory DDR3 SODIMM yang identik, baik itu dari segi kapasitas, frequency, SPD, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, disarankan agar Anda menggunakan dual-channek kit yang umumnya telah disediakan oleh berbagai produsen memori untuk praktek upgrade ini.

Pada kesempatan ini, tim lab JagatReview akan mencoba menunjukkan efek penggunaan memori dual channel pada beberapa notebook yang menggunakan APU AMD. Notebook tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda, namun semuanya menggunakan APU AMD dari berbagai seri. Berikut ini adalah spesifikasi notebook tersebut:
Acer Aspire V5-552G, Lenovo G405S, Toshiba L40D-A, HP 14-n010AX

Sebagai catatan tambahan, kami melakukan pengujian ini dengan menggunakan driver AMD Catalyst 14.4 terbaru yang bisa Anda download pada webside resmi AMD. Penggunaan driver terbaru ini menghadirkan settingan Dual Graphics dan meningkatkan kinerja dari GPU, baik yang tertanam pada prosesor atau graphics add on yang diberikan pada notebook tersebut. Untuk notebook yang tidak mempunyai sistem operasi pada paket penjualannya, kami menginstall OS Windows 7.

disable-AMD-Dual-GPU-500x452.jpg


Kami akan menjalankan beberapa benchmark untuk menunjukkan efek penambahan memory DDR3 SODIMM dan konfigurasi dual channel pada setiap notebook. Jumlah memori yang kami tambahkan sesuai dengan kapasitas yang diberikan pada paket penjualannya. Selain itu, kami juga akan melakukan uji pada keadaan Dual Graphics dan Single Graphics pada keadaan memori single channel dan dual channel.

3DMark Cloud Gate – Single Graphics (APU) dengan Single dan Dual Channel.
toshiba-3dm.jpg

acer-3dm1.jpg

hp-3dm.jpg

lenovo-3dm.jpg


Battlefield 4 – Single Graphics (APU)
lenovo-bf4.jpg

toshiba-bf4.jpg

acer-bf4.jpg

hp-bf4.jpg


Dota 2 – Single Graphics (APU)
lenovo-dota.jpg

toshiba-dota.jpg

acer-dota.jpg

hp-dota-500x302.jpg


Dari benchmark yang kami bebankan diatas, dapat terlihat bahwa walaupun dalam keadaan graphics APU, bila Anda melakukan upgrade ke memory dual channel, maka Anda akan mendapatkan peningkatan yang cukup baik sehingga dengan upgrde memory Anda akan mendapatkan juga manfaat selain kapasitas memory yang semakin besar .
Kesimpulan

Meningkatkan kinerja dari sebuah notebook dengan prosesor AMD dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menambahkan memory SODIMM yang juga meng-aktifkan dual channel, meng-update driver AMD APU atau graphics, atau juga bisa mengganti storage dari hard disk ke solid state drive untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

Keseluruhan update dan upgrade yang Anda lakukan dapat meningkatkan kinerja dengan signifikan, bukan saja untuk menjalankan game 3D tetapi produktifitas Anda akan meningkat karena notebook yang Anda gunakan akan lebih responsif melakukan perintah yang Anda berikan, seperti membuka tutup data, memanggil aplikasi dan lain sebaginya. Anda dapat mencoba mulai dari yang paling mudah dan gratis, seperti melakukan update driver secara berkala bila memang ada.

Pada artikel berikutnya, kami akan memperlihatkan bagaimana peningkatan kinerja yang didapat oleh sebuah sistem berbasis prosesor AMD bila Anda melakukan upgrade driver ke seri terbaru.
 
Back
Top