MAtahari

d-net

Mod
Cahaya matahari terpancar dengan kecepatan 299.793 kilometer perdetik,kira-kira 1,08 miliar kilometer perjam untuk menghidupi semua organisme dibumi.

Awan gas yang berpusar dekat pinggiran Bimasakti dan melahirkan Matahari kira-kira 4,6 miliar tahun yang lampau.kini matahari adalah bintang berukuran sedang,sebagian besar terdir atas hidrogen dan helium. Pada intinya ,yang terbakar pada suhu 15 miliar derajat kelvin,tekanan mengubah inti hidrogen menjadi helium dan menghasilkan energi sangat besar dalam proses fusi nuklir.

Energinya naik,dan bersama dengan putaran serta gaya magnetik Matahari,membuat bergolaknya permukaan matahari. Pada beberapa tempat,gaya magnetik mendinginkan es,sehingga terbentuk noda hitam yang tampak dari bumi.banyaknya noda ini bertambah dan berkurang dengan daur 11 tahun.

Kadang kala energi yang tertahan menyembur ke atmosfer,dan memuncratkan senburan gas,atau jurai,sejauh ribuan kilometer.Aliran partikel,yang disebut angin surya,lepas lewat garis-garis medan magnet terbuka dari dalam korona memasuki antariksa.Dayanya terasakan pada bumi hanya pada kegiatan maksimum matahari,pada saat itu badai magnet mengacaukan arah kompas,aliran listrik serta sistem komunikasi,dan menerangi langit dengan aurora.

Lima miliar tahun lagi Matahari akan memulai kematian lambat,dengan mula-mula mengembang lebih kurang 100 kali ukuranny sekarang,lalu mengerut sampai seperatus besarnya sekarang.Api intinya padam,dan matahariri akan menjadi abu bara hitam yang dingin.
 
Trus kenapa emang???

Kao reksi fusi matahari sudah tidak terjadi lagi, matahari emang akan terjadi seperti yang telah dikatakan. Tapi pada akhirnya (kalo gak salah) gak akan menjadi batu bara hitam yang dingin ko. Matahari akan menjadi 'bintang cebol', ukurannya beberapa km saja.

Nah kalo ada bintang yang ukurannya lebih besar 3 kali dari matahari, kalo mau mati dia akan meledak, menjadi apa yang disebut 'nova', dan akhirnya akan mengerut juga.

Kalo lebih besar 10 kali ato lebih daripada matahari, sebuah bintang akan mengerut, lalu meledak menjadi apa yang disebut 'supernova', dan pada akhirnya massanya akan mengerut sedemikian rupa menjadi jauh lebih kecillll banget dari pada ukuran semula sehingga kepesatan gravitasinyua menjadi tak hingga. Itulah BlackHole.
Sehingga cahaya-pun, yang diklaim memiliki kecepatan lepas paling tinggi di dunia ini (300000 km / s) tidak mampu keluar dari medan gravitasinya.

Bener gak?
 
Kalo matahari itu Bola basket, bumi itu cuma segede pelurunya pistol mainan yang dari plastik itu (tau gak? hehe, mbak egha belom pernah main perang-perangan ya ama pistol plastik). Ini buat jelasnya:

Diameter matahari itu sekitar 1.400.000 kilometer yang berarti 100 kali diameter bumi (jari2 bumi kalo gak salah 6740 Km). Gravitasi matahari, kalo diitung make rumus standar Fisika Dasar mah kira-kira 28 kali lebih kuat dari gravitasi bumi.

Tiap detik matahari membakar 600 juta ton atom hidrogen (bukan membakar tepatnya, tapi melakukan reaksi fusi alias penggabungan atom hidrogen menjadi helium). Hasil dari reaksi thermonukir itu (kenapa disebut thermonuklir? karena reaksi fusi hanya bisa terjadi pada suhu sangat sangat sangat tinggi. Intinya, kalo mau bikin reaksi fusi di bumi ini, kita harus ngeledakin bom atom (fisi) dulu, baru reaksi fusi terjadi, back to topik) dihasilkan suhu 14 juta derajat celcius di core nya. Tapi di permukaannya mah relatif dingin, 'cuma' 5000 derajat C.

Kalo kita diceburin ke permukaan matahari, kita gak meleleh dulu, tapi langsung nguap jadi gas, (wah cocok ni buat eksekusi hukuman mati para terpidana mati, dari pada disiksa make kursi listrik, kan kalo diceburin k matahari gak kerasa matinya. hehehehehe canda bosss)

Ni kalo mau tau salah satu persamaan reaksi thermonuklirnya:

(H1 + H1 -> H2 + Beta+ + v + 0,42 MeV) x 2
(H1 + H2 -> He3 + Gamma + 5,5 MeV) x 2
He3 + He3 -> He4 + 2H1 + 12,8 MeV
---------------------------------------- +
H1 -> He4 + 2Beta+ + 2Gamma + 2v + 24,64 MeV

dlm reaksi diatas, emang energi yang dihasilkan keliatan kecil, tapi itu untuk penggabungan 4 atom hidrogen man! bayangin kalo ada 600 juta ton perdetik yang 'dibakar' matahari. Buset dehh. Bom "little boy" aja yang cuma 20000 kilo ton TNT energinya kalo dibandingin bisa nyalain lampu philips 100 watt satu Kelurahan selama 30.000 tahun!!!.
Busyetnya kekuatan atom yang tersembunyi dalam sebuah partikel kecil.

Ko jadi ngomongin atom? Sori kalo OOT
 
Emang matahari itu isinya apaan sih? kok kayanya panas bener,berasa sampe kebumi.
Apa didalamnya juga ada LavaNya ya Den?
 
Wah matahari kan bintang, sedangkan bumi kan planet. Kedua benda alamraya ini punya proses pembentukan yang berbeda, sehingga pasti memiliki prysical properties yang berbeda pula.

Kalo bumi:
Solid, nggak punya sumber cahaya sendiri, punya atmosfer yang paling cocok yang dibutuhkan untuk kehidupan. Dari physical properties nya bisa dibedakan menjadi beberapa lapisan: kerak, mantel dan inti (luar cair, dalem padat). Kalo dari penelitian gelombanggempa dapat dibedakan menjadi: litoser, astenoster, mantel dan core. Bumi punya magma (lava namanya kalo keluar dari kepundan gunungapi, lahar namanya kalo bercampur dengan air hujan ato lumpur).

Matahari: Berupa bola gas pijar yang memancarkan cahayanya dari hasil reaksi fusi. Reaksi ini membakar 600 juta ton hidrogen perdetik. Jadi matahari itu isinya ya gas. Struktur dalam matahari juga sam kayak bumi terdiri dari lapisan2, tpi tidak sekompleks dan sebanyak di bumi, yang terdiri inti, lapisan2 kulit, yaitu fotosfer, kromosfer dan korona.

Coba aja bikin penelitian kesana kalo mau tahu lebih banyak..
 
Back
Top