Den dan Non Gini Caranya Ngatasin Bau Mulut Pas Puasa

ramaricarica

New member
Bulan puasa adalah bulan yang istimewa bagi umat muslim. Di bulan ini, umat muslim wajib menjalani puasa selama satu bulan penuh. Biasanya nih, saat berpuasa, yang paling rawan dialami adalah bau mulut karena gak makan dan minum selama puasa.

Yang disayangkan nih masih banyak diantara kita yang belum menyadari kalau saat puasa mulutnya akan terasa tidak nyaman karena bau yang dapat mengganggu orang lain. Atau justru menyadari tetapi tidak tahu cara mengatasi bau mulut yang dialami pas puasa.

Sebenarnya walaupun sedang puasa, ada banyak cara yang biasa dilakukan agar mulut tetap segar sepanjang hari dan terhindar dari bau mulut dan bakteri jahat pengganggu kesehatan mulut. Nah gue mau bagi nih solusi buat lo agar nafas tetap segar dan wangi biarpun sedang puasa.

1. Banyak minum air putih
Penting untuk selalu minum air putih dari mulai buka puasa sampai menjelang imsak. Cukupi kebutuhan air putih ini antara 8-10 gelas sehari. Jangan minum sekaligus, tapi berangsur-angsur dari waktu buka sampai sahur. Dengan kecukupan cairan dalam tubuh, bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Ini karena air putih akan meningkatkan produksi saliva di dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga. Dengan begitu, penyebab bau mulut saat puasa dapat diminimalisir.

2. Gosok gigi setelah sahur dan berbuka
Usahakan selalu menggosok gigi secara menyeluruh termasuk bagian lidah sehabis makan sahur dan berbuka. Jika kamu saat menyikat gigi kurang bersih, sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi dapat membusuk dan menyebabkan plak penyebab karang gigi.

3. Minum teh hijau tanpa gula atau teh jasmine
Teh hijau atau teh jasmine mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Fungsi lainnya yaitu mengurangi peradangan pada rongga mulut dan mengatasi gangguan pernafasan yang disebabkan oleh asap rokok.

4. Kurangi makanan manis / mengandung gula berlebih
Karena dapat mencegah pengeroposan pada gigi. Selain itu hindari makanan yang dapat menimbulkan bau tak sedap seperti petai, jengkol, dan durian. Beberapa bumbu masak yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang merah dan bawang putih juga sebaiknya hindari, jangan digunakan secara berlebih.

5. Hindari rokok
Rokok penyumbang besar penyebab bau mulut. Makanya jangan merokok pas bulan puasa. Lebih bagus lagi kalau sekalian berhenti merokok.

6. Hindari coklat, es krim, biskuit, dan kue basah
Karena lengket di gigi. Waduh padahal coklat tuh kan makanan favorit. Satu-satunya jalan sehabis dimakan, langsung bersihkan mulut. Kalau gak cepat dibersihkan, makanan yang sudah menempel di gigi bisa jadi penyebab bau mulut dan menimbulkan kerusakan pada gigi.

7. Gunakan obat kumur antiseptik
Agar bau mulut hilang secara maksimal, disarankan menggunakan obat kumur antiseptik yang ada di pasaran. Lo juga bisa membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Jangan lupa untuk tetap menggosok gigi sebelum tidur malam.

8. Olahraga rutin jelang waktu buka puasa
Ini juga bisa jadi cara efektif mencegah bau mulut. Olahraga dapat mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk zat penyebab bau mulut.

9. Gunakan dental floss (benang gigi)
Gunanya untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Note : Jika bau mulut ini sudah tidak dapat diatasi lagi, konsultasikan dengan dokter gigi. Bisa saja ada masalah dengan organ dalam tubuh lo sehingga menjadi penyebab bau mulut.

Konsultasi dengan dokter gigi juga dapat membantu lo mengatasi pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang, karang gigi, peradangan pada mulut dan sariawan.

Semoga bermanfaat yah tips nya, dan lo bisa menjalankan ibadah puasa tanpa gangguan bau mulut.
 
sumber artikelnya dari mana, non/aden?




bau mulut, ya? kalin jarang kena damprat orang gara-gara bau mulut.. Jadi, ga terlalu mempersoalkannya.. :D
 
Back
Top