Enam Tips untuk Single Kristen
 
Go Back   Home > Agama > Katolik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Enam Tips untuk Single Kristen

Enam Tips untuk Single Kristen

Tips ini ditulis oleh staf www.jodohkristen.net, semoga bisa menjadi berkat bagi para single Kristiani.


Nikmatilah masa single anda

Status single bukanlah sebuah masalah yang harus dipecahkan. Dengan terus menerus fokus pada 'masalah' ini, anda memberikan tekanan yang besar pada diri sendiri. Tentu saja mempunyai sebuah hubungan adalah hal yang sangat indah, namun kehidupan single juga memiliki kelebihan tertentu yang akan hilang selamanya apabila anda menikah. Misalnya, anda punya lebih banyak waktu untuk belajar dan untuk teman-teman, anda juga dapat keluar malam tanpa harus memberikan penjelasan ke pasangan anda. Untuk itu, fokuslah pada keuntungan-keuntungan ini dan nikmatilah (dengan bijaksana) selama anda masih memilikinya.


Jangan terlalu cepat

Tunggulah, sembari mempersiapkan diri, hingga anda benar-benar siap untuk sebuah hubungan. Mungkin saat ini anda masih mengalami rasa sakit dari hubungan sebelumnya. Berikan waktu bagi diri anda sendiri agar terlebih dahulu pulih dan memaafkan, untuk mencegah kegagalan hubungan baru karena trauma dari hubungan sebelumnya. Mungkin juga anda masih sulit melayani atau terbuka secara emosional. Bereskanlah hal-hal ini terlebih dahulu. Calon pasangan hidup anda berhak untuk mendapatkan yang terbaik dari diri anda, kan?


Tetaplah setia pada norma dan hukum Tuhan

Godaan bagi para single bisa sangat kuat, dan anda tidak perlu malu untuk mengakuinya. Namun siapa yang setia dengan norma dan hukum Tuhan akan mendapatkan pahala. Perintah Tuhan dimaksudkan untuk melindungi dan membuat kita bahagia. Oleh karena itu, jagalah tubuh anda untuk seseorang yang Tuhan sudah sediakan khusus bagi anda. Dan janganlah mencari pasangan yang tidak seimbang, seseorang yang bukan Kristen, tapi tunggulah dengan sabar waktu Tuhan.


Perhatikan tanda-tanda peringatan

Jatuh cinta adalah hal yang menakjubkan! Namun, jangan buta terhadap tanda-tanda peringatan dalam suatu hubungan - seperti: kebohongan, kurangnya penguasaan diri, ketidakdewasaan (emosional), atau perilaku manipulatif. Perhatikan juga bagaimana kekasih anda berinteraksi dengan orang lain, misalnya dengan teman-temannya sendiri dan keluarganya: apakah hubungan tersebut sehat, atau ada sesuatu yang aneh? Apakah anda mendeteksi tanda-tanda peringatan tersebut? Sadarilah bahwa anda tidak akan dapat mengubah kekasih anda.


Kelilingilah diri anda dengan teman-teman yang baik

Persahabatan yang baik merupakan hal penting jika anda ingin bertumbuh sebagai pribadi. Teman-teman memberikan nasihat yang berharga dan penghiburan. Mereka membantu anda bertumbuh dalam hubungan anda dengan Tuhan dan sesama. Dan dengan memiliki teman-teman yang baik, anda bisa lebih menikmati masa single anda. Karena itu, kelilingilah diri anda dengan teman-teman yang bijaksana, yang hidupnya berpedoman kepada Yesus. Pergilah ke tempat-tempat di mana anda dapat bertemu dengan orang-orang seperti itu, misalnya di gereja dan kegiatan retreat. Group-group Kristen di Facebook atau situs Kencan Kristen bisa merupakan tempat yang baik.


Berdoa dan berusahalah

Alkitab mengatakan, "berdoa dan bekerja", hal ini juga berlaku untuk kerinduan anda mengenai jodoh. Percayalah kepada Tuhan yang memiliki rencana bagi anda dan tahu apa yang terbaik untuk anda. Karena itu berdoalah, "bukan kehendak ku, tapi kehendak-Mu yang terjadi." Namun jangan menunggu sampai jodoh anda jatuh dari langit! Temuilah orang-orang Kristen lainnya, misalnya melalui retreat atau situs kencan Kristen. Ambil inisiatif, berkenalan dengan orang lain, dan tunjukkanlah minat anda. Tuhan bisa menggunakan berbagai pertemuan dan situs untuk mempertemukan anda dengan pasangan hidup anda. Jangan berkecil hati, namun tetaplah percayai Tuhan, terus berdoa dan tetap berusaha.


Disadur dari Jodoh Kristen - menu Forum
3unik3
3unik3 3unik3 is offline
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
Celynz, incael
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.