Tips Siasati Usir Kantuk Di Saat Kerja Pada Bulan Puasa

johnnypetot

New member
Den dan Non, ngantuk pas jam makan siang rasanya gak enak yah, apalagi kalau pas kerjaan lagi numpuk. Belum lagi bulan ini tuh lagi bulan puasa.

Buat yang kerja pasti gak enak. Biasanya kan kalau siang ngantuk disiasati dengan ngemil atau ngopi. Tapi berhubung ini bulan puasa dna itu gak mungkin dilakuin, nah gue punya caranya nih gimana siasati kantuk lo itu, yuk simak :

• Batasi kalori saat sahur
Saat sahur jangan terlalu mengkonsumsi banyak kalori. Batasi saja yang penting tubuh tetap berenergi, saran gue supaya lo gak ngantuk dan tetap berstamina coba lo konsumsi saripati ayam brands, selain bisa meningkatkan stamina juga dapat meningkatkan daya ingat plus konsentrasi. Jadi habis sahur lo gak ngantuk deh, bisa langsung sholat dan kerjain hal lain misalnya nonton acara itu tuh Mamah dan Aa yang tiap subuh itu. Lumayan kan nambah ilmu juga. Banyak kok kalau pas bulan puasa gini. Kalau gue sih lagi demen nonton INI SAHUR di NET TV tuh. NET buat gue acaranya menarik, berbobot dan bermanfaat dibanding stasiun lainnya.

• Banyakin minum air putih
Menurut penelitian nih, kurangnya cairan di dalam otak juga bsia menimbulkan rasa ngantk loh dan juga menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Nah makanya dari buka sampai sahur itu jangan lupa minum air putih. Gak usah sekaligus gitu, bertahap aja, yang penting 2 liter air sehari tercukupi.

• Siasati perjalanan di pagi hari
Masa-masa bulan puasa biasnaya paling berat karena adanya perubahan pola tidur karena harus sahur yang biasanya membuat bangun pagi terasa menyiksa. Nah, kalau perjalanan lo dari rumah ke kantor cukup makan banyak waktu, dan jika kondisinya juag memungkinkan, lo bisa manfaatin selama perjalanan untuk lanjutin tidur yang tertunda. Kalau gak, lo bisa siasatin dengan datang ke kantor lebih awal, dan usahakan gak tidur setelah sahur dan segera bersiap ke kantor. Sampai di kantor kan lo masih punya cukup waktu buat ngelanjutin tidur sampai jam kerja dimulai. Oh ya jangan lupa pasang alarm yah biar tidurnya gak bablas, hehehe.

• Pasang musik
Nah ini juga favorit gue. Sebelum mulai kerja, gue udah siapin dah tuh stok lagu upbeat dan favorit di pc biar mata gak ngantuk pas kerja. Apalagi kalau pas siang hari. Makanya gue pasang tuh musik keras-keras, yah tapi tetap jaga juga soalnya kalau kekerasan bisa budeg ntar.

• Gunakan aromaterapi
Sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari aromaterapi ini, terutama dalam menciptakan mood. Gak hanya di spa atau pusat-pusat kecantikan. Aromaterapi juga bisa loh digunakan di meja kerja, misal aroma mint atau aroma jeruk.

• Ngobrol
Pilih teman ngobrol yang kira-kiranya udah nyaris tergelincir ke alam mimpi seperti lo. Jangan temen yang lagi sibuk dikejer deadline, yang ada lo dicuekin. Dan jangan lempar topik obrolan yang menjurus ke pergosipan atau nyerempet (khusunya cowok nih) biar ibadah puasa lo gak batal dan makin afdol. Pilih topik obrolan seru misalnya tren hijab atau aplikasi games menarik yang seru buat di download.

• Cuci Muka
Kalau kantuk udah mulai menyerang, air dingin adalah alat penawar yang ampuh dan sukses menghilangkan kantuk. Tapi awas jangan sampai tergoda untuk berlama-lama, yang ada nanti ketelen airnya, wah bisa batal dah tuh.

• Olahraga
Selain meningkatkan stamina, kebiasaan berolahraga baik juga untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Termasuk sirkulasi darah yang membawa oksigen dan zat-zat nutrisi menuju otak yang merupakan pusat pengontrol rasa kantuk.

• Gak perlu lembur
Kalau biasanya lo menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan nambah jam kerja alias lembur, saran gue sebaiknya di bulan puasa ini pulang lebih cepat. Selain supaya lo bisa menikmati berbuka puasa di rumah bersama keluarga, melaksanakan salat tarawih, kita juga punya lebih banyak waktu tidur agar tak terlambat bangun sahur. Tapi, gimana dengan pekerjaan yang tertunda dan biasanya dikerjakan pada saat lembur? Tetap bawa pulang dan kerjakan setelah makan sahur saja. Jika kamu sudah istirahat dan tidur cukup malam harinya, bekerja di pagi hari terasa lebih menyegarkan. Selain itu, gak perlu takut bangun kesiangan untuk kembali berangkat kerja.

sumber : medicalera, wisatakuliner
 
Semua poin yang tertulis diatas supaya tidak mengantuk pada saat bekerja sudah saya lakuin semua, tapi kenapa kok masih ngantuk ya
 
Last edited by a moderator:
Back
Top