Gimana Caranya Agar Selalu Sehat Saat Mudik

johnnypetot

New member
Seminggu lagi lebaran gals. Buat yang mudik gimana persiapannya? Tiap mudik pasti perlu persiapan yang matang supaya mudiknya berjalan lancar, terutama persiapan fisik.

Persiapan fisik merupakan salah satu faktor yang mendukung kelancaran dan melakukan perjalanan, apalagi jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh sehingga menguras tenaga.

Nah gue punya beberapa persiapan fisik yang dapat dilakukan agar badan sehat dan fit saat mudik :

• Tidur cukup
Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya tidur dulu selama 6-8 jam. Tidur cukup sangat diperlukan untuk menghimpun tenaga supaya tidak lemas selama dalam perjalanan. Lebih lagi kalau lo yang nyetir kendaraan, perlu tidur cukup sebelum nyetir, ini merupakan hal yang sangat penting. Kalau lo bukan yang nyetir kendaraan, bisa manfaatin waktu dengan tidur selama perjalanan. Perhatiin posisi tidur lo, supaya gak kesemutan karena salah posisi tidur. Hindari posisi tidur dengan meletakkan tangan di belakang kepala atau tertidur sambil duduk dengan posisi ketiak di sandaran kursi. Selain itu, hindari duduk di kursi dengan menyilangkan kaki terlalu lama.

• Makan dulu
Perjalanan mudik biasanya dilakukan saat masih puasa. Jika lo tetap memilih untuk tetap berpuasa, maka hendaknya persiapkan diri dengan makan sahur dalam jumlah cukup. Makanan yang dipilih bagusnya yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi karena merupakan sumber tenagabagi tubuh. Jangan lupa juga konsumsi sayur dan buah karena sangat baik untuk pencernaan. Biasanya nih gan perut kembung jadi salah satu keluhan yang banyak dijumpai saat mudik. Perut kembung bisa bikin gak nyaman dan ganggu perjalanan mudik. Jadi sebelum melakukan perjalanan, jangan konsumsi makanan yang memicu kembung, kayak buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur. Selain itu, salah satu cara mencegah supaya gak kembung adalah mengunyah makanan sampai lembut untuk mempermudah proses pencernaan sehingga gak terjadi pembentukan gas akibat proses fermentasi. Dianjurin untuk minum secangkir jahe setelah makan. Teh jahe bagus untuk merangsang proses pencernaan makanan sehingga makanan tidak terlalu lama berada di dalam usus kecil yang bisa memicu terbentuknya gas.

• Konsumsi suplemen
Untuk menempuh perjalanan jauh dibutuhkan kondisi kesehatan prima. Oleh karena itu, selain makanan yang bergizi, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi suplemen sebagai tambahan. Suplemen dari bahan alami seperti saripati ayam brands, dan madu bisa jadi pilihan. Selain menjaga stamina tubuh juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat plus bebas kolestrol. Hindari suplemen yang mengandung kafein karena sifatnya hanya akan memberi kesegaran badan sesaat saja. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan bervitamin seperti sayur dan buah.

• Bawa bekal secukupnya
Agar mudik tetap lancar, persiapan bekal makanan dan minuman sangat penting. Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu lama. Dengan bawa bekal makanan sendiri, gak perlu lagi beli makanan dan minuman di jalan. Selain lebih bersih dan sehat, bekal makanan dari rumah pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita masing-masing. Bawa buah sebagai pelengkap bekal perjalanan kita, jadi pilih buah yang mudah dikonsumsi dan gak perlu pisau untuk mengupasnya, seperti jeruk, apel, pisang, dll. Hindari membawa makanan yang mudah rusak/basi supaya gak mengalami keracunan makanan. Jangan lupa untuk membawa air dalam jumlah yang cukup karena cairan sangat penting untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Saran gue, sebaiknya bawa bekal secukupnya saja supaya barang bawaan gak terlalu banyak, dan perjalanan jadi gak nyaman. Jika lo menggunakan kendaraan umum, jangan terima tawaran makanan dari orang asing. Soalnya sekarang banyak terjadi tindak kejahatan dengan pembiusan yang motif awalnya nawarin makanan atau minuman ke pemudik.

• Bawa obat-obatan yang diperlukan
Bawa kotak P3K dan obat-obatan yang diperlukan selama mudik. Kalau lo punya penyakit khusus seperti diabetes misalnya hendaknya persiapkan apa saja yang harus dibawa di perjalanan terkait dengan penyakitnya, seperti kartu identitas diabetes, obat-obatan yang biasa dikonsumsi, dan alat cek gula darah (glukometer dan stripnya). Begitu juga untuk penderita penyakit lainnya yang membutuhkan persiapan secara khusus supaya tidak mengalami kendala selama perjalanan mudik.

• Cukup istirahat
Manfaatin deh waktu selama perjalanan untuk tidur atau sekedar merilekskan tubuh. Istirahat sangat penting buat pengemudi atau supir karena ini berkaitan dengan konsentrasi selama mengemudi. Salah satu faktor yang turut menyumbang banyaknya kasus kecelakaan adalah pengemudi atau supir dalam keadaan ngantuk. Jadi, jangan sepelekan istirahat.

sumber : muslimah.or.id
 
• Cukup istirahat
Manfaatin deh waktu selama perjalanan untuk tidur atau sekedar merilekskan tubuh. Istirahat sangat penting buat pengemudi atau supir karena ini berkaitan dengan konsentrasi selama mengemudi. Salah satu faktor yang turut menyumbang banyaknya kasus kecelakaan adalah pengemudi atau supir dalam keadaan ngantuk. Jadi, jangan sepelekan istirahat.

ini nih yang bsa berakibat fatal kalau disepelekan...
 
dulu, tiap pulang dari pesantren, kalin selalu sedia air minum yang cukup banyak di mobil. Juga cemilan yang cukup...

Trus hindari wangi parfum yang bikin pusing..

Itu bikin Kalin ga mabok perjalanan..
 
Back
Top