Bahasa kita

azizi

New member
kapan,dan bagaimana bahasa kita terbentuk? gua bingung kadang bahasa kita kedengeran sama kayak bahasa orang melayu,dan bahasa asing? sebenarnya bahasa kita terbentuk dari atau berdasarkan apa ya?
Siapa nih yang bisa nerangin gimana kisah sejarah dan legendanya?
 
Bagaimana bahasa kita terbentuK ?

Mau nanya sejarah bagaimana diresmikannya bahasa indonesia atao nanya sejarah proses pembentukan struktur dalam bahasa indonesia sehingga bisa terbentuk bahasa indonesia kayak sekarang?

binun...
 
Kalo nanya sejarah bagaimana kisah diresmikannya bahasa indonesia sehingga bisa menjadi bahasa nasional, kira2 ini ceritanya:

Ingat Sumpah Mahasiswa indonesia waktu terjadi reformasi 97/98 yang lalu?
Waktu itu, (meskipun mungkin nggak secara resmi) mahasiswa indonesia mengucapkan ikrar "Sumpah Mahasiswa Indonesia".
SUMPAH MAHASISWA INDONESIA
1. Kami Mahasiswa Indonesia bersumpah, bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan
2.Kami Mahasiswa Indonesia bersumpah, berbangsa satu, bangsa yang tangguh akan keadilan.
3. Kami Mahasiswa Indonesia bersumpah, berbahasa satu, bahasa tanpa kebohongan.

Ingat sesuatu dengan Ikrar diatas?? Ya, ikrar diatas mungkin mirip dengan Sumpah pemuda yang diikrarkan hampir 90 tahun yang lalu:
SUMPAH PEMUDA
1. Bertanah air satu, tanah air indonesia
2. berbangsa satu, bangsa indonesia
3. berbahasa satu, bahasa indonesia.

Nah, inilah awal dari penciptaan dan penetapan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional. Sangat luarbiasa menurut gw, karena beberapa hal:
1. bangsa kita waktu itu belum merdeka, tapi orang2 itu sudah memikirkan beberapa langkah kedepan untuk menetapkan dasar-dasar suatu bangsa pasca kemerdekaan jika suatu saat bangsa indonesia merdeka. Salah satunya, penetapan bangsa indonesia ini sebagai bahasa nasional.
2. Pemuda-pemuda yang hadir disana tidak mengusulkan bahasanya sendiri2, kayak bhs sunda, batak, jawa... tapi mereka bagaimanapun telah memilih bhs.indonesia sebagai bahasa nasional. Itu artinya mereka lebih mementingkan arti sebuah bangsa yang bersatu ketimbang peninggian golongan...

Kemudian pada 1945, saat bangsa ini usianya tepat 0 tahun, ditetapkanlah secara resmi bangsa indonesia sebagai bahasa resmi negara ini...
 
Back
Top