kenapa pohon/tanaman butuh tanah untuk hdup?

yg aq tau ttg tanah..
- Dari alkitab menyebutkan tanah tu bahan dasar TUHAN mencipta manusia. Dibuatnya patung/boneka yg mirip DIA dari tanah.. lalu ditiup, hidup! jadilah ADAM.
- nurut periembon yg pernah tak baca.. tanah tu sekumpulan unsur2 batu,kayu,air,logam dalam kondisi lapukan(?). Kayu lapuk tau kan? daun akar juga ikut unsur kekayuan. Batu lapuk jadi pecahan kerikil,pasir,debu.. logam lapuk/korosi lama2 jadi oksida logamnya kecil2.
- nurut moyangku yg pinter kimia.. tanah kumpulan unsur2 kimia cemacem. tu ada di tabel periodik, lumayan cantik buat pajangan dinding.
- .. ada yg mau nambah?

Tumbuh2an cii ga butuh tanah. yg dibutuhkan buat hidup cukup senyawa CHO.(+ sedikit unsur kimia lain yg bisa larut di air, N misal.)

- n1 -
cxixixixi.. lg jad tk.ojek suka2 cerita.. belepotan wish!.
 
tumbuhan butuh tanah untuk hidup karena tanah itu adalah bahan pijakan bagi akarnya, karena hanya tanah saja yang lunak,coba kita tanam tanaman di atas batu.semen pasti ga akan bisa tumbuh karena akarnya tidak bisa menembus batu/semen itu dan lagi dia jadi tidak bisa menyerap air dari dalamnya, sedangkan tanah itu mengandung air dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman, tanaman itu mencari air kan dari akarnya bukan dari daunnya,kalau daunnya dipakai untuk mengumpulkan energi matahari untukproses fotosintesis (sok tau hahahaha)
 
jadi tanah itu luar biasa ya?

kalau tanaman didalam rumah/bangunan, tidak kena sinar matahari, apa masih bisa hidup?
bisa "LUMJT" kayaknya cuma itu yang bisa, karena lumut sering dijumpai di tempat lembab kan? ga perlu banyak sinar matahari juga

semua makhluk hidup termasuk manusia sangat butuh sinar matahari. coba aja test, 1 hari penuh di dalam ruangan tak masuk cahaya matahari, tubuh kita pasti ga enak... dan sekalinya kena sinar matahari butuh sedikit penyesuaian (silau, mata jadi sedikit sensitif) hahahhaa
 
Last edited:
semua tumbuhan parasit ga seberapa mementingkan mentari.
dipelihara system hydro ga memerlukan tanah juga.
...
panu tu ga punya batang,daun,bunga,buah(?) termasuk tumbuhan ga cii..
 
semua tumbuhan parasit ga seberapa mementingkan mentari.
dipelihara system hydro ga memerlukan tanah juga.
...
panu tu ga punya batang,daun,bunga,buah(?) termasuk tumbuhan ga cii..
jamur pada kulit ya?aku rasa itu mah bakteri deh non, bukan tumbuhan hahahahha
 
Back
Top