Bebas Kolesterol Di Saat Lebaran? Hmm....Baca Dulu Tips Ini Guyss

johnnypetot

New member
Bebas Kolesterol Di Saat Lebaran? Hmm....Baca Dulu Tips Ini Guys

Guys, sebelumnya gue mau ngucapin Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Gimana dengan lo semua yang pada Lebaran? Habis Sholat Ied, hal apa yang paling ditunggu? Yup udah pasti ketupat, opor ayam dan sambal goreng ati plus daging kambing dan petai, dan tentu saja kue-kue kecil yang menggoda. Hmm, pastinya lo gak mungkin nolak dong guys, tul gak?

Tapi guys, biasanya makanan kayak gitu banyak lemak dan kolesterol terutama sambal goreng ati plus daging kambing. Enak sih, tapi kalau terlalu banyak bisa numpuk jadi kolesterol dan lemak. Gak mau kan sakit saat Lebaran atau pasca Lebaran?

Nah, gimana caranya tuh supaya lo bebas koleseterol saat Lebaran? Mustahil, hmm belum tentu, coba baca ini dulu :

1. Rutin mengetahui kadar kolestrol
Umumnya menurut dokter, kadar kolestrol seseorang itu di bawah 200 mg/dl dengan kadar LDL di bawah angka 130 dan HDL berada di atas angka 40.

2. Jaga keseimbangan berat badan
Ngurangin berat badan yang berlebih ini penting untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Ada penelitian yang nunjukkin kalau berat badan lo berlebih, bisa mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak.

3. Lakukan diet konsumsi makanan rendah lemak dan minim kolesterol
Misalnya konsumsi susu tanpa lemak atau saripati ayam brands yang bebas kolesterol dan bebas lemak . Kurangi juga konsumsi daging. Pilih makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh.

4. Aktivitas fisik yang rutin
Misalnya nih olahraga jalan kaki, atau jogging di pagi hari, bisa membantu meningkatkan kadar HDL. Pastiin olaharganya 30 menit tiap hari dan lima hari seminggu.

5. Konsumsi lemak baik
Kalau lo udah didiagnosa punya kadar kolestrol tinggi, konsumsi lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik misalnya selai kacang, alpukat, minyak zaitun, dan kanola serta kacang-kacangan.

6. Konsumsi makanan berserat
Makanan berserat baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Contohnya gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Jenis makanan ini bisa menyerap kolesterol yang ada di darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

7. Konsumsi multivitamin
Agar gak kekurangan nutrisi, disarankan konsumsi multivitamin, walaupun lo udah konsumsi makanan sehat lainnya.

8. Tangkal radikal bebas
Misal dengan konsumsi antioksidan yang terkandung di sayur, dan buah. Ini untuk mencegah terdepositnya lemak di pembuluh darah. Konsumsi buah dan sayur 5-9 porsi tiap hari untuk dapat manfaat kesehatan optimal.

9. Olah makanan dengan tepat
Biarpun makanan yang dipilih sudah bebas kolesterol tapi kalau dimasaknya masih dengan minyak jenuh, ya tetap saja mengandung kolesterol tinggi. Jadi selain bahan masakannya, metode masaknya pun harus tepat.

sumber : lifestyle.okezone
 
Last edited:
Back
Top