Alamat Web .biz dan .info Sudah Bisa Dipakai

irigster

New member
Tanggal: 26 Dec 2001
Sumber: Kompas.com


NamaDomain.com, Para pengelola Web kini berkesempatan mendaftarkan alamat Web yang mudah diingat, berkat hadirnya dua TLD (top-level domain) baru, .biz dan .info.

Sejumlah 675.000 domain name .info sudah didafarkan sejak Juli lalu, ketika kesempatan untuk ini dibuka pertama kalinya. Pengumuman ini dikeluarkan oleh Afilias Ltd., konsorsium nirlaba yang dibentuk oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) untuk mengatur masalah pendaftaran ini.


Institusi-institusi yang sudah memanfaatkan TLD baru ini antara lain, New York City Metropolitan Transportation Authority (http://www.mta.info), situs informasi World Trade Center Relief (http://www.wtcrelief.info), dan juga situs produsen mobil Subaru of America Inc., yang menayangkan informasi mengenai model mobil terbarunya, Impreza WRX, di wrx.info. Dengan nama baru ini, alamat lama yang menggunakan .com sudah tidak berlaku lagi.

Sementara itu, menurut perusahaan pendaftar, Neulevel Inc., sebanyak 500.000 alamat .biz saat ini sudah didaftarkan. Domain name ini akhirnya bisa dipakai setelah tuntutan hukum atas Neulevel dibatalkan oleh hakim Los Angeles. Pada kasus tersebut Neulevel dituduh mengoperasikan lotere ilegal yang hadiahnya domain name berdasarkan sebuah gambar.

Calon-calon domain name .info akan diputuskan oleh proses arbitrasi yang bekerjasama dengan World Intellectual Property Organization (WIPO). "Pada tahap pertama sampai akhir September, hanya para pemegang merek saja yang boleh mendaftarkan nama. Semua masalah akan diselesaikan pada awal tahun depan," jelas Sabine Armbust, juru bicara Afilias.
 
Back
Top