AMD Umumkan Mantle, Senjata Baru Untuk Tingkatkan Performa PC Gaming

kin_banjarmasin

New member
Mantle_Radeon.jpg


Sebagai bagian dari rangkaian acara AMD GPU14 TECH DAY yang tengah diselenggarakan AMD di Hawaii, perusahaan tersebut memperkenalkan sebuah proyek yang disebut sebagai Mantle. Mantle ini merupakan perwujudan upaya AMD dalan mendukung pengembangan PC Game, dimana perusahaan tersebut menggunakan Mantle ini untuk membantu developer game menghasilkan game yang dapat memanfaatkan kemampuan penuh dari pengolah grafis masa kini.
Sebelum AMD Mantle diperkenalkan, Johan Andersson, Technical Director di Frostbite, berbicara sedikit mengenai asal-usul pengembangan Mantle. PC merupakan sebuah platform gaming dengan potensi luar biasa secara performa. Sayangnya kadang hal ini tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal, karena keterbatasan di coding, overhead atau ketidak-efisienan dari API(Application Programming Interface), serta banyaknya varian hardware yang harus didukung. Sebagai lawannya, konsol memiliki keterbatasan dengan model dan kemampuan hardware yang terbatas, namun memiliki potensi untuk dioptimalkan semaksimal mungkin, serta memiliki sistem operasi yang tidak memakan resource besar, dan juga akses ke memori sistem(baik CPU maupun GPU) yang lebih baik.
Melihat kedua karakteristik yang berbeda antara PC dan Console game tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa industri game membutuhkan sebuah sistem yang mewarisi kelebihan PC (skalabilitas dan upgradeable, serta performa tinggi), dan juga kelebihan console(optimalisasi ‘habis-habisan’ dari sebuah hardware). Apa solusi yang bisa memberikan kemampuan ini?

Mantle_1.jpg

Perkenalkan, Mantle.

Mantle adalah sebuah model pemrograman grafis baru yang mengusung bahasa yang dimengerti langsung(native language) oleh arsitektur pengolah grafis yang digunakan AMD saat ini, Graphics Core Next (GCN). Penggunaan model pemrograman baru tersebut dalam game akan membawa optimasi dari segi hardware yang benar-benar mendalam untuk sisi grafis. Tentu saja, hal tersebut dimungkinkan karena Mantle benar-benar dirancang khusus untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari arsitektur GCN.

Jadi, mantle akan menjadi semacam API (‘DirectX’) yang hanya diimplementasikan kepada AMD GPU yang menggunakan arsitektur GCN, dengan optimasi hardware luar biasa.
 
Back
Top