Nih Dia Langkah Sederhana Mengatasi Ide Macet

diandraresa

New member
Guys, buat lo yang tiap hari kerja di bidang kreatif pastinya butuh ide-ide kreatif. Nah pernah gak sih lo tiba-tiba stuck dan mati ide? Udah di depan komputer lama ide juga gak muncul.

Dan terkadang ide udah ada pas di jalan menuju kantor eh begitu udah nyalain komputer ilang. Bete banget kan rasanya. Nah gue punya cara gimana biar lo bisa ngatasin ide yang macet itu :

• Jalan-jalan bentar
Kalau udah mati ide gitu, coba lo beranjak dari tempat kerja untuk berjalan-jalan sebentar kalau perlu ke luar ruangan. Banyak pemandangan baru di luar meja kerja lo, alihkan sebentar . dengan berjalan ke luar, otak akan terasa lebih fresh dan siap deh menerima ide-ide baru.

• Buat daftar ide
Nah seperti tadi gue bilang, pas lo lagi di jalan dan ketemu idelangsung tuliskan semuanya di selembar kertas. Cara ini dilakukan untuk menggali pikiran lebih dalam, membantu membuka inspirasi dan ide terbaik lo.

• Lakukan ritual
Sebagai contoh seorang atlet, sesaat sebelum tanding mereka biasanya melakukan ritual tertentu selain berdoa tentu saja. Ini gunanya untuk menaikkan rasa percaya diri. Ada yang merapikan kaos kaki, salaman sama pelatihnya atau cuma sekedar tepuk tangan. Temuyin deh ritual lo supaya bisa lepas dari kegiatan monoton sesaat. Bisa dengan nyium laptop, mijat-mijat kepala atau ngerapiin meja kalau itu bisa nenangin pikiran.

• Melamun
Bukan sekedar ngelamun dengan pikiran kosong yah. Coba sempetin untuk mandang ke luar jendela. Pemandangan di luar jendela bisa ngalihin pikiran dari hal yang monoton, yah siapa tahu bisa kasih inspirasi yang lebih fresh.

• Take action
Hmm udah ngelakuin berbagai cara tapi otak masih buntu? Kayaknya perlu ngubah rutinitas deh misalnya travelling, daftar jadi sukarelawan di lembaga sosial selama beberapa waktu atau belajar keterampilan baru.

Kalau gue sih supaya ide macet gampang keluarnya, solusinya ngunyah permen dingin. Kabarnya ngunyah tuh merangsang saraf-saraf di otak loh.

sumber : citacinta
 
Back
Top