Resep Kue Pia Basah

resepmasakanindo

New member
Resep-Pia-Basah.jpg

Bahan Membuat Pia Basah :

Bahan Kulit
500 g tepung terigu segitiga
75 g mentega/margarin
1 bks ragi instant
250 ml air hangat
1 sdt garam
100 g gula pasir

Bahan isi
250 g kacang hijau
125 g gula pasir
1/2 sdt vanilla bubuk
3 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam

Cara Membuat Pia Basah :

Langkah pertama, membuat Isi : rebus kacang hijau hingga empuk, lalu angkat dan tiriskan, kemudian di haluskan. Setelah itu, masak bersama minyak, lalu masukkan gula pasir, garam dan vanilla, dan aduk – aduk hingga kacang hijau terlihat agak kering. Lalu selanjutnya angkat dan dinginkan.
Langkah kedua, membuat kulit : campur tepung, beserta ragi dan gula pasir, kemudian masukkan air hangat, lalu uleni sampai adonannya rata . Setelah itu tambahkan margarin dan garam, kemudian uleni lagi hingga kalis dan elastis. Lalu bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 45 menit.
Selanjutnya, kempiskan adonan dan timbang masing – masing 30 gram, kemudian bulatkan dan diamkan lagi selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu kempiskan adonan dan isi dengan bahan isi. Lalu bulatkan kembali dan biarkan kurang lebih selama 15 menit sebelum adonan di oven pada suhu 200′C selama kurang lebih 10 menit.
Terakhir, keluarkan kue pia dari oven, kemudian balik dan masukkan kedalam oven lagi, panggang selama kurang lebih 5 menit. Lalu angkat, dinginkan sejenak dan selanjutnya kue pia basah siap untuk disajikan.

Sumber : Cara Membuat Pia Basah
 
Ternyata mudah juga membuat jajanan Pia Basah ini. Selain itu juga bahan-bahan yang diperlukan mudah dicari dan harganya tidak mahal. Kalau ada resep membuat kue sus tolong donk bagi-bagi disini.
 
Back
Top