Cara perawatan proyektor

erika2

New member
89perawatan%20proyektor.jpg


pastimura - Saat menggunakan proyektor ada hal-hal yang harus diketahui antara lain tidak memindahkan lampu proyektor dalam keadaan menyala. Hal ini disebabkan karena dalam kondisi menyala sifat lampu proyektor sangat sensitive, sehingga bila tidak berhati - hati justru dapat menimbulkan kerusakan fatal. Setelah proyektor selesai digunakan, tunggulah sekitar lima menit untuk mendinginkannya sebelum dimatikan. Patut diketahui juga, lampu proyektor memancarkan panas yang cukup besar bila digunakan dalam waktu lama. Itu sebabnya terdapat kipas yang dapat berfungsi dengan maksimal, pastikan bahwa kipas tidak terhalang oleh dinding atau obyekl ainnya, agar dapat 'membuang' udara panas dengan baik. Berikanlah jarak kurang lebih satu meter dari obyek tersebut, untuk bisa menghindari overheating yang bisa berdampak pada kerusakan serius.

Satu hal lain yang harus diingat, jangan meletakkan atau mengoperasikan proyektor dekat dengan sumber panas dan terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, seperti halnya barang elektronik lainnya. Menjaga agar proyektor dapat bertahan lama tentunya juga membutuhkan perawatan secara seksama. Bagian yang perlu diperhatikan antara lain filter proyektor,yang harus dibersihkan minimal sebulan sekali. Pasalnya, debu yang menempel dibagian ini dapat membuat lampu lebih mudah terbakar.

Agar Proyektor tetap berfungsi dengan baik, lakukan penggunaan sebagai berikut:
1. Kabel Power pada saat menyalakan projector tidak terganggu aktifitas lain, karena akan menyebabkan shot atau konslet saat projector bekerja, kerusakannya bisa meliputi ballast, power suplly, mainboard serta lampu.
2. Perhatikan Voltase lampu diruangan karena bila aruslistrik tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan semua modul projector. Disarankan pakai UPS untuk menjaga bila terjadi padamnya lampu.
3. Bila mematikan projector tunggu sampai kurang lebih 5 menit karena terjadi pendinginan atau shout down seperti halnya computer karena hal ini sangat penting untuk spare part projector.
4. Cabut kabel power bila benar-benar projector sudah dalam keadaan mati atau sudah dingin.

Agar Proyektor tetap berfungsi dengan baik, lakukan perawatan sebagai berikut :
1. Bersihkan lensa dengan menggunakan lens cleaning paper (bilakotor).
2. Bersihkan bodi proyektor menggunakan kain lembut yang bersih, khusus untuk debu yang membandel gunakan cairan pembersih khusus pada kain lap.
3. Menyimpan proyektor sebaiknya pada tempat yang kering dan tidak terlalu lembab, lebih disarankan disimpan didalam tas aslinya.
4. Membawa proyektor lengkap dengan tasnya ketika dipindahkan ke tempat yang jauh.
5. Selalu memperhatikan informasi lampu di setting >information > lamptime hours untuk mempersiapkan penggantian lampu.
6.diservis setiap 3 - 6 bulan sekali kepada ahlinya untuk menjaga kestabilan spare part dan daya kerja projector.

sumber : Here | jual proyektor
 
Last edited by a moderator:
Back
Top