Bahan pakaian yang tidak boleh dicuci oleh mesin cuci

erika2

New member
medium_65cucian%20baju.jpg


KlikMesinLaundry -Banyak orang yang tidak tau bahan pakaian mana yang boleh di cuci dengan mesin cuci dan yang tidak boleh. Padahal ada bahan pakain yang bisa cepat rusak bila dicuci dengan mesin cuci. Bahkan ada bahan pakain yang tidak boleh dicuci menggunakan air.

Jeanny Anggriani, seorang desainer busana pesta, salah satu bahan yang tidak boleh dicuci dengan air adalah sutra. "Kalau dia pure sutra itu tidak boleh dicuci dengan air, bisa kusut kalau dicuci air. Kalau kita perhatikan, baju pesta dari bahan yang 100 persen sutra bisa ciut kalau dicuci pakai air," ujar Jeanny

Berbeda jika sutra digunakan pada busana ready-to-wear yang dipadukan dengan bahan lain. Meskipun dari sutra, busana keseharian masih bisa dicuci dengan air. Namun tetap perlu diperhatikan agar kain sutra awet dan tahan lama. Wanita 43 tahun itu menyarankan agar mencuci bahan tersebut dengan tangan, tidak memakai mesin cuci.

Hal itu untuk menghindari pembilasan air yang berulang-ulang. Deterjen yang digunakan juga sebaiknya jangan sampai berbusa dan pemilihan kandungannya memang untuk sutra. "Kalau kayak katun dan poliester lebih tahan banting daripada sutra. Jadi cari di deterjennya memang khsuus sutra, misalnya deterjen ini bisa buat katun tapi silk juga," tambah pemilik label 'Jeanny Ang' itu.


Selain sutra, bahan yang telah diolah juga tidak bisa dibersihkan dengan air. Bahan yang dimaksud bila sudah didesain dengan banyak lipatan, kerut, atau detail tertentu. Misalnya saja sang desainer memadukan bahan sutra dengan detail ribuan payet atau manik-manik untuk satu gaun pesta. Gaun yang memiliki detail rumit seperti itulah yang sebaiknya dicuci kering tidak dengan air.

"Tidak boleh kena air karena memang terkadang kalau ada bahan plastiknya jika kena air akan melunturkan, bukan kainnya yang luntur tapi produk plastiknya bisa lumer atau pudar. Nanti malah membuat noda di kainnya. Makanya kalau baju pesta kan memang dicuci khusus tidak bisa biasa, harus ke tempat pencucian seperti dry clean atau cuci kering supaya lebih awet," sarannya

sumber : Here | mesin laundry
 
Last edited by a moderator:
iia lah sutra masa di giling...yang ada rusak <:||

Pakaian berbahan sutra memang dapat dicuci di mesin cuci menggunakan siklus pencucian lembut. Namun, sebaiknya mereka dicuci satu per satu secara manual. Isi baskom atau ember dengan air dingin untuk membantu menjaga warnanya, lalu tambahkan detergen lembut yang bebas dari bahan-bahan keras.
 
Back
Top