Curangi AMD, Intel Dihukum Rp17 Triliun

kin_banjarmasin

New member
curangi_amd_intel_dihukum_rp17_triliun_140613_0.jpg

Pengadilan Tinggi Uni Eropa menjatuhkan hukuman denda sebesar US$1.44 miliar terhadap Intel, Kamis (12/6) dalam kasus persaingan bisnis tidak sehat. Putusan ini menguatkan putusan pengadilan sebelumnya yang ditetapkan 5 tahun lalu.

Pada tahun 2009, Komisi Eropa mengatakan, Intel berupaya merintangi pesaing utamanya, Advanced Micro Devices (AMD) dengan memberikan potongan harga kepada pembuat PC, yaitu Dell, Hewlett-Packard, NEC dan Lenovo agar mereka menggunakan chip Intel dalam produknya. Komisi Persaingan usaha Uni Eropa mengatakan, Intel juga membayar jaringan ritel Media Saturn Holding dari Jerman agar mereka hanya menyediakan komputer yang menggunakan chip Intel.

Hakim di Pengadilan Tinggi yang berbasis di Luksemburg kemarin mengatakan, mereka memperkuat putusan Komisi Eropa.

“Intel berupaya untuk menutupi aksi anti-persaingan yang mereka lakukan dan melakukan strategi jangka panjang komprehensif untuk menutup AMD dari saluran penjualan yang secara strategis paling penting,” demikian kutipan putusan setebal 300 halaman tersebut.

Juru Bicara Intel kepada The Verge mengaku kecewa atas putusan itu. “Kami kecewa dengan hasilnya. Setelah kami mempelajari putusan itu, kami akan mengevaluasi opsi-opsi yang kami punya dan memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya,” katanya.

Sumber : Chip.co.id
 
Back
Top