Tips Mudah Merawat Mobil Anda

mitraca

New member
Mobil-ini-mampu-membersihkan-dirinya-sendiri-3.jpg


Bagi masyarakat yang baru saja memiliki mobil, baik itu mobil 'gres' maupun tangan kedua sudah jelas akan memberikan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri karena memiliki mobil merupakan satu bentuk prestasi bagi banyak orang.

Namun tak jarang dari sekian banyak masyarakat yang memiliki mobil, mereka belum terlalu paham bagaimana me-maintain mobil kesayangan mereka dengan baik. Termasuk bagaimana memberikan perawatan-perawatan dasar yang ringan namun krusial pada mobil mereka.

Efeknya, bagi mereka yang tidak terlalu paham dan mengerti mengenai perawatan ringan pada mobil mereka, terkadang harus legowo menerima kondisi mobil mereka sering tidak fit seratus persen.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi mobil mereka dengan waktu berkala, seminggu sekali pada weekend misalnya, sehingga mobil akan kembali siap digunakan saat weekday menyambut.
Nah, mungkin tips-tips ringan ini bisa membantu anda


1. Ketersediaan Tools Kits
Ini merupakan langkah yang paling mendasar dalam mempersiapkan segala hal bagi mobil anda, cek kelengkapan dan kondisinya tiap minggu untuk memastikan mereka selalu siap pakai.
Taruh tool kit anda pada satu box khusus yang memang dipersiapkan bagi tool kit sehingga tidak terpisah-pisah, jadi sewaktu-waktu dibutuhkan, 'senjata' ini bisa langsung dipergunakan.

2. Tekanan Angin
Berlaku pada angin ban mobil dan motor, setiap hari, pada pergantian siang dan malam, suhu secara tidak langsung akan mempengaruhi 'kekerasan' ban kendaraan kita.
Maka ada baiknya, setiap minggu kita cek apakah tekanan pada ban mobil kita sudah memenuhi syarat aman. Akan lebih baik apabila kegiatan ini dilakukan lebih sering.

3. Kondisi Jok Mobil
Bagi yang sering membuka kaca mobil saat berkendara, salah satu resikonya adalah jok akan jadi lebih mudah untuk kotor karena debu, kotoran dan yang lainnya. Vacuum cleaner akan sangat membantu untuk kasus ringan seperti debu yang menempel.
Pada tahap pembersihan yang lebih berat, akan lebih disarankan pembersihan dengan tidak menggunakan detergent saat mencucinya, karena penggunaan detergent sangat mungkin meninggalkan bercak.

4. Kebersihan Bodi Mobil
Body mobil merupakan bagian yang paling mudah untuk dikenali kondisinya, namun apabila kita lengah, bisa saja kita kemudian melihat ada garis goresan yang tanpa disadari ada di sana.
Mencuci mobil merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah tiap minggunya, disambung dengan memeriksa kondisinya, apakah terdapat 'luka fisik' pada permukaan bodynya.

5. Kebersihan Kaca
Biasanya pemilik mobil akan merasa bahwa setelah mobil dimandikan otomatis kaca sendiri juga akan terbasuh dengan sendirinya, namun yang terjadi tidaklah sesederhana itu.
Kotoran-kotoran yang 'nyempil' di sudut frame kaca, di bagian-bagian yang agak tersembunyi juga akan berpotensi membuat kaca kusam, bahkan bisa menggores. Direkomendasikan, setelah mobil dicuci, kaca mobil diperlakukan khusus, seperti menggunakan glass cleaner tersendiri misalnya.

6. Fungsi Lampu
Baik lampu depan, belakang, indikator maupun lampu pada kabin, wajib dipastikan semuanya dalam kondisi baik. Karena bagaimanapun lampu-lampu tersebut akan membantu anda dan pengendara yang lain untuk tetap berada dalam kondisi aman.
Maka, kondisi bohlam maupun kondisi kelistrikannya harus juga dipastikan apakah perlu untuk segera dilakukan perbaikan atau penggantian apabila ada masalah.
 
Last edited by a moderator:
Back
Top