Single Mom Harus Bijak Mengatur Keuangan, Ini Nih Tipsnya

johnnypetot

New member
Banyak hal yang jadi tanggung jawab single mom termasuk dalam hal keuangan. Single mom umumnya tidak memiliki pendapatan dari sumber lain selain dari pekerjaan mereka sendiri, dan ini jadi suatu tantangan berat bagi mereka.

Kamu harus bijak dalam mengatur keuangan agar semua kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

Paling gak ada lima hal yang bisa kamu lakukan dalam mengatur keuangan kamu dengan bijak dan cerdas :

1. Tetapkan anggaran
Kamu pasti memiliki anggaran untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebaiknya buat pos-pos pengeluaran berdasarkan dana yang masuk (gaji atau penghasilan lain) untuk setiap kebutuhan keluarga dan buatlah itu lebih realistis.

2. Menabung
Kamu harus memiliki tabungan agar tidak kebingungan jika misalnya kamu membutuhkan untuk biaya kesehatan, pendidikan, dan juga biaya tak terduga lainnya. Lebih baik kamu mulai menabung paling tidak 10% dari pendapatan/penghasilan yang kamu miliki dan tambahkan jumlah itu dari waktu ke waktu.

3. Asuransi
Sebaiknya kamu mulai memiliki asuransi ini sejak masih bersuami. Asuransi yang perlu dimiliki adalah asuransi jiwa, sehingga nantinya jika terjadi kematian ada dana yang bisa digunakan sebagai pengganti biaya hidup anak-anak. Selain itu, sebaiknya kamu perlu juga memiliki asuransi kesehatan dan pendidikan agar penghasilan tidak habis untuk biaya perawatan medis dan agar pendidikan anak tetap lancar tanpa terhalang biayanya yang makin lama makin naik.

4. Rencana keuangan
Perlu bagi kamu untuk memiliki rencana keuangan untuk mendukung ekonomi keluarga misalnya rencana memiliki rumah atau kendaraan. Penting buat kamu memiliki rincian keuangan, bahkan untuk belanja dan liburan harus kamu rencanakan secara khusus sehingga tidak menyita dana yang tersedia untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Konsultasi
Jangan malu untuk berkonsultasi saat kamu kesulitan dalam mengelola keuangan kamu. Justru dengan berkonsultasi kamu akan terbantu dalam menentukan apa yang dibutuhkan dan diberikan pilihan tentang cara mengalokasikan dana sesuai kemampuan kamu dan bagaimana caranya mendapatkan kebebasan finansial dan menikmati hidup bebas.
Semoga tipsnya bermanfaat buat single mom dalam mengatur keuangan.

sumber : female.kompas
 
Back
Top