Mengapa Orang Bisa Pingsan?

tiaseptiani

New member
090676700_1409985934-pingsan.jpg

Menemukan orang yang tiba-tiba pingsan di pinggir jalan kerap membuat kita kebingungan. Selain tidak mengenal orang yang pingsan itu, kita pun tidak mengetahui apa yang membuatnya pingsan sehingga bingung tindakan apa yang harus dilakukan.

Pingsan dapat terjadi bila otak tidak mendapatkan cukup oksigen. Individu yang tiba-tiba mengalami muntah-muntah diikuti dengan rasa pusing, tidak jarang yang akhirnya pingsan.

Akan tetapi, wanita hamil, orang tua, dan orang yang memiliki kondisi jantung tidak sehat, serta anemia, merupakan segelintir orang yang berpotensi mengalami pingsan bila sudah kelelahan.

Di bawah ini sedikit fakta tentang pingsan yang harus diketahui, seperti dikutip dari Health Me Up, Sabtu (6/9/2014)

Penyebab

Pingsang dapat disebabkan oleh dua faktor, karena faktor medis atau faktor emosional.

Medis biasanya meliputi;

1. Kelelahan
2. Kelaparan
3. Nyeri
4. Panas
5. Dehidrasi
6. Masalah jantung
7. Kelebihan alkohol

Sedangkan faktor emosional, meliputi;

1. Stres
2. Syok
3. Takut
4. Semangat

Pencegahan

1. Tetap terhidrasi

Meski kondisi ini tidak dapat dihindari, tapi kita dapat mencegahnya dengan cara mengikuti langkah-langkah sederhana.

Terpenting, kita harus tetap terhidrasi dan menjaga gula darah, dan kadar garam jangan sampai meninggi. Jika mulai terasa pusing, minumlah jus dan makan beberapa biskuit asin. Atau makanlah buat dengan beberapa makanan ringan yang terasa asin.

2. Suhu dingin

Cuaca yang terlalu panas membuat kita dehidrasi, dan berisiko pingsan. Jika kita adalah individu yang rentan pingsan bila terkena panas, maka kenakalah topi, dan simpan selalu botol berisikan air yang dapat diminum suatu waktu.

Hindari sejumlah tempat yang penuh dan sesak, di mana individu tidak akan mendapatkan udara yang cukup untuk bernapas.

3. Berbaring

Jika mulai merasa lelah dan terasa akan pingsan, usahakan berdiri dalam posisi di mana darah harus melawan gravitasi untuk mencapai otak, karena kemungkinan otak tidak mendapatkan cukup oksigen.

Carilah permukaan datar dan berbaringlah selama 15 menit, sampai rasa pusing itu pergi. Ketika akan terbangun, bangunlah secara perlahan karena bangun terlalu cepat akan berdampak pada darah meninggalkan otak.

sumber : Liputan6.com
 
seumur hidup, kalin belum pernah pingsan..
Paling cuma kepetengan.., kalo kecapean.. Biasanya pas hiking aja..
 
sama non kalin tia juga belum pernah pingsan, tapi dlu lagi sakit darah rendah tia kumat, badan bener2 lemes pas rebahan di kasur langsung ga sadar, pas sadar di bngunin sama nyokap, tapi ga tau deh itu termasuk pingsan atau bukan
 
waduh sepupu ane ada yang sering pingsan kalo abis desak-desakan di kereta. itu bahaya dong berarti ya..
 
Back
Top