Apa Kesalahan Ini Pernah Dilakukan Ibu Baru?

raratania

New member
Pertama kali punya bayi, pasti banyak yah pengalamannya. Rara mau share nih seenggaknya ada beberapa kesalahan yang pernah dilakukan saat baru punya bayi. Kalau non juga ada pengalaman lain, boleh juga di share loh. Monggo silakan yah.

• Meletakkan banyak benda di box nya
Niatnya sih baik, membuat bayi merasa nyaman plus terstimulasi sejak dini. Tapi juga jangan semua benda seperti bantal, selimut, bahkan mainan tumplek blek memenuhi boxnya. Yang ada pernapasan bayi jadi tertutup. Sebaiknya pilh yang benar-benar diperlukan deh, selimut dan bantal saja sudah cukup kok.

• Lupa mengurus diri sendiri
Yah, walau baru pertama punya bayi tapi jangan sampai lupa ngurus diri sendiri non. Kamu juga perlu asupan bergizi dan sehat, plus jangan lupakan penampilan dan kesehatan. Jadi cewek tampil cantik dan sehat itu harus, mutlak, hehehe biarpun udah jadi ibu-ibu.

• Abaikan suami
Nah ini nih yang biasanya dilupakan, hehehe. Sering diprotes suami karena terlalu perhatian dengan bayi. Coba deh sesekali ajak suami ganti popok, memandikan dan memakaikan baju. Ajak juga saat ingin ke dokter atau biarkan dia bermain dengan adek bayi sambil kamu mengurus yang lain.

• Jadwal tidur bayi yang ketat
Padahal dia masih ingin main dan belum ngantuk, alhasil dia marah dan kamu pun jadi kesal. Sebaiknya sih gak perlu terlalu ketat atur jam tidurnya, dan jangan juga jadi kesal jika adek bayi tidur saat waktunya menyusui. Umumnya bayi itu tidur tiap 2-3 jam, tapi seiring perkembangan tubuhnya dan grow spurts di usia 3 bulan pertama adek bayi akan mengalami perubahan tidur.

• Supermom
Seakan merasa bisa mengerjakan semuanya mulai dari masak, nyuc baju dan beberapa pekerjaan rumah. Semua dikerjakan sendirian. Weleh2, sebaiknya minta orang lain membantu bunda. Waktu itu saya pernah merasakannya. Badan gempor bun, pegel-pegel gak keruan.

• Salah artikan tangisnya
Tiap nangis dikira minta makan. Sebaiknya banyak belajar soal arti tangisan bayi. Karena bayi bisa saja menangis karena bosan, cape, kepanasan, atau gak nyaman.

• Gak pede
Pernah ngalamin gak saat pengen belajar menyusi tapi takut caranya salah, dan gak yakin dengan cara meletakkan adek bayi di payudara? Saat ingin memandikan bayi pun gamang dan takut. Sibuk tanya teman, orangtua, eh makin bingung jadinya, dan makin minder. Waduh, jangan dong. Yakinkan diri kamu biarpun masih baru, tapi kamu pasti bisa mengurusnya. Coba ikut gabung dengan komunitas sesama ibu baru. Dan jangan lupa selalu bangun kedekatan dengan bayi agar semakin paham dengan kebutuhannya.

sumber : ayahbunda
 
Ga Pedenya itu yang paling berat

gak pede kenapa non tia? btw, udh punya bayi sekarang? jgn ga pede dong. insting ke bayi itu akan terbangun kok dengan sendirinya, kan bayi sendiri. yg pnting tetep ngurus keluarga, suami dan jgn lupa urus diri sendiri jg, hehehe
 
ponakan kalin ada yang dikit2 "owek" udah usia setahun, sih..
Nah dikit2 "owek" dikasih cemilan.. Haha "owek" nya langsung berhenti..
 
gak pede kenapa non tia? btw, udh punya bayi sekarang? jgn ga pede dong. insting ke bayi itu akan terbangun kok dengan sendirinya, kan bayi sendiri. yg pnting tetep ngurus keluarga, suami dan jgn lupa urus diri sendiri jg, hehehe
iya ga PD non, soalnya kan belum berpengalaman dalam urus baby apalagi baru lagir... kalau yang balita sih pernah, kalau bayi bener2 bayi sama sekali blm pengalaman, jadi ga PD
 
Back
Top