Cara Agar Luka Bekas Operasi Caesar Cepat Sembuh

ronaldopurwakarta

New member
Sobat pengen tau gak cara agar bekas operasi Caesar cepet sembuh? Jadi ibu baru memang menyenangkan tapi bekas luka operasi Caesar yang meradang membuat kamu jadi susah bergerak. Katanya cih penyembuhan untuk operasi Caesar ini lebih lama ketimbang mereka yang melahirkan anak dengan cara normal. Tapi apa boleh buat yang bun, beberapa wanita mau tidak mau harus melakukan operasi Caesar karena kondisi atau masalah kesehatan tertentu.

Ini lho beberapa cara supaya bunda lekas sembuh setelah menjalani operasi Caesar:
Gak usah bawa beban berat dulu
Bunda kan masih dalam proses penyembuhan nech ceritanya. Jadi hindari dech bawa beban berat dulu apalagi kalo bekas operasinya masih kerasa sakit banget. Lebih baik bunda duduk-duduk atau rebahan aja di dalam kamar. Ntar kalo udah sebulan, bunda akan merasa tubuh jadi lebih baik. Imbangi juga ya bun dengan makan yang baik dan istirahat yang cukup.

Tenangkan diri saat nifas
Nifas ini biasanya berlangsung selama 6 minggu. Bunda harus rileks saat menghadapi masa nifas. Gak usah takut dan mikir yang macem-macem. Ntar kalo udah 3 bulan, bunda akan merasa baikan. Manfaatkan aja waktu ini untuk istirahat dan memulihkan kondisi psikis dan fisik.

Berhubungan seks kalo udah benar-benar sembuh
Soal seks bunda dan pasangan harus sabar. Tunda dulu berhubungan intim karena tubuh kamu harus benar-benar pulih. Biasanya bunda bisa kembali berhubungan seks dengan suami paling enggak 4 sampek 6 minggu setelah operasi Caesar.

Banyak gerak
Bila tubuh kamu udah merasa lebih kuat, gak ada salahnya lebih banyak gerak lagi. Bunda bisa mengembalikan berat badan dengan fitness ataupun aerobik. Tapi lakukan secara bertahap supaya tubuh gak kaget. Coba cek makanan sehat antigendut buat bunda yang nggak mau berat badannya berlebih.

Menjaga si kecil
Kalo bunda masih dalam masa pemulihan, minta orang terdekat buat jagain si kecil dulu. Bunda harus fokus juga dengan kesehatan fisik yang dimiliki. Jangan sampek bunda gak sembuh-sembuh karena kurang istirahat. Minimal harus tidur 8 jam sehari supaya tubuh jadi lebih fresh.

Atasi perut kembung
Kalo perut bunda selalu terasa kembung dan mual, minum gih secangkir teh peppermint hangat. Kalo bunda bermasalah dengan sistem pencernaan seperti sembelit, perbanyak minum air putih.

Merawat bekas luka jahitan
Jangan sampai bekas luka jahitan infeksi karena bunda gak mau menjaga kebersihan diri. Pake cairan antiseptik agar luka bekas jahitan bebas infeksi. Jangan lupa mandi 2 kali sehari. Bersihkan area kemaluan dan dubur setelah buang jahat.
 
pengen persalinan normal aja..
mama kalin dulu sesar.. akibatnya, sekarang kalo haid sakit bangett..!
 
Ooo jadi operasi caesar itu lebih lama sembuhnya dibanding melahirkan dengan cara normal ya? hemm.. kirain aku caesar itu lebih enak. Ok deh, makasi infonya ya. :)
 
Back
Top