Naik kendaraan pribadi lebih stress dibanding naik kendaraan umum

mitraca991

New member
fetch


Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia, di Inggris. Berhasil menemukan jika para komuter yang biasa ngantor dengan kendaraaan umum seperti bus atau kereta api diketahui memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibanding pekerja yang membawa mobil pribadi ke tempat kerja mereka.


Selain itu, berdasarkan penelitian yang melibatkan hingga 18 ribu responden tersebut pun menyebutkan, pengguna mobil pribadi memiliki tingkat stres 13 persen lebih tinggi ketimbang para komuter yang memilih bekerja menggunakan transportasi umum.


Adapun alasan lebih rendahnya tingkat stres para komuter tersebut ditengarai karena mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat bersosialisasi dengan sesama pengguna di perjalanan.


Menurut survey, ternyata hal tersebut diklaim cukup ampuh untuk menekan angka stres meskipun perjalanan memakan waktu hingga lebih dari 3 jam.
Tak hanya terindikasi memiliki tingkat stres yang lebih rendah, para peneliti juga mengungkapkan jika para komuter dengan sarana transportasi umum memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik. Hal ini dikarenakan mereka rutin berjalan kaki guna mencapai halte atau stasiun kereta api. Hal tersebut amat bertolak belakang dibanding para pengguna mobil pribadi yang cepat stres karena berada sendirian di dalam kabin kendaraan mereka.


Nah dari penelitian tersebut pun turut terkuak fakta unik. Walau memangkas waktu perjalanan lebih cepat dibanding para pengguna layanan umum, pengguna mobil pribadi tetap terindikasi memiliki tingkat stres dan emosional yang lebih tinggi.


Dikatakan, hal ini karena mereka terkondisikan kurang bersosialisasi dengan 'terjebak' di kendaraan mereka.
Sudah pasti tingkat stres dari para komuter ini juga besar dipengaruhi hal lain. Kondisi sarana transportasi umum di negara tersebut yang telah tertata dan sistematis membuat masyarakatnya nyaman untuk beralih mengandalkan angkutan sehari-hari.


Bila berkaca dari Indonesia, jika kondisi transportasi publik di Tanah Air telah teratur dan sistematis layaknya Inggris, bukan tidak mungkin tingkat stres para pekerja dapat menurun karena banyak yang beralih menggunakan angkutan umum.
 
Last edited by a moderator:
betul itu memang stres klo baru bs bw mobil apa lagi jalanan yang sempit dan macet lebih baik naik angkutan aja...lebih aman dan mengurangi kemacetan
 
betul itu memang stres klo baru bs bw mobil apa lagi jalanan yang sempit dan macet lebih baik naik angkutan aja...lebih aman dan mengurangi kemacetan

Sip gan, maka bisa naik angkot saja atau lainnya. Kemacetan bisa terjadi karena orang banyak membawa kendaraan pribadi.
 
Back
Top