Kita Puasa Tanggal Berapa? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Kita Puasa Tanggal Berapa?




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Kita Puasa Tanggal Berapa?

Kemaren WakiL presiden Jusuf Kalla,mengkritik organisasi islam yang sulit berkompromi menetapkan awal ramadhan dan i syawal berdasarkan penampakan bulan,diJAkarta kemarin. Nah, jeLas hal kayak gini membingungkan masyarakat termasuk gw.

Emangnya Kita PUasa TanggaL BerapE?
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

 

   






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Kita Puasa Tanggal Berapa?

rabu or kamis
rafed
National Level

Post: 1.058
 
Reputasi: 12






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Kita Puasa Tanggal Berapa?

Kutip:
Kemaren WakiL presiden Jusuf Kalla,mengkritik organisasi islam yang sulit berkompromi menetapkan awal ramadhan dan i syawal berdasarkan penampakan bulan,diJAkarta kemarin. Nah, jeLas hal kayak gini membingungkan masyarakat termasuk gw.
masalahnya ada perbedaan pendapat dan mazhab tentang ditetapkannya kapan waktu hilal kk ega, jadi beda deh. Di Indonesia kan nggak cuma ada satu firqah islam, tapi ada beberapa dan mempunyai basis masanya masing2.

tul kata kk rafed, puasa tanggal 13, jadi mulai taraweh malem tanggal 12
nyamuknet
National Level

Post: 512
 
Reputasi: 5






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kita Puasa Tanggal Berapa?

LAh,emang kenape kagak hari kemis aja terawehNya? kan nge-pas tuh!!
awaL puasa,awal teraweh..
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Kita Puasa Tanggal Berapa?

Kapan Puasa? eleuh-eleuh neng megha ini teh TeLmi?! enggak konek sama pertanyaan sendiri ya?! Saya mengerti,mungkin maksudnya metode apa yang dipakai untuk menentukan kapan kita teh puasa,begitu?!!
City Level

Post: 162
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kita Puasa Tanggal Berapa?

yup,begitu deh kira-kira!!?
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Kita Puasa Tanggal Berapa?

Hmm,sepertinya sudah dibahas diforun since?

Begini Raden Megha Mustika..
penghitungan kapan kita puasa itu biasanya dari gambaran hilal pada hari terjadinya konjungsi,yang menunjukan posisi bulan masih dibawah horizon.Dengan demikian kayaknya ketiga aliran islam yang ada di negara kita bakalan sepakat.

Kalau meurut Rukyatul hilal bil fil li :
tidak mungkin menyakskan hilal pada hari ini (9/9/07), setelah matahari terbenam. Hilal mungkin baru diRukyat pada esok hari,dengan demikian bulan sya'ban 1428 hijriah diIstikamal atau digenapkan menjadi 30 hari sesuai dengan tuntunan syariah.Maka awal puasa bakalan jatuh pada hari kamis 13 september 2007 (itu pun kalau rukyat berhasil), dan jum'at 14 sep (jika Rukyat gak berhasil)


Ikmanur rukyah
Dengan melihat gambar ketinggian hilal, syarat ikanur rukyah tidak terpenuhiberdasarkan hal tersebut,bulan sya'ban sigenapkan menjadi 30 hari.awal puasa adalah kamis 13 september.


Wujudul Hilal
berdasarkan posisi hilal saat matahari terbenam diseluruh wilayah indonesia,syarat syrat wujudul hilal gak dipenuhi.karena itu,bulan sya'ban digenapkan menjadi 30 hari,maka tanggal 1 ramadhan jatuh pada hari kamis tanggal 13 september.


Nah kalau begitu kan Akur
Maneh sudah paham?!!
City Level

Post: 162
 
Reputasi: 0

Reply
 


Pergunakan juga aplikasi
Alquran Online
dan Terjemahan nya, sebagai bahan kajian atau sumber
Keyboard Virtual HurufArab/Arabic untuk menulis huruf arab/arabic

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Gigi Tanggal Bisa Ditumbuhkan Lagi gupy15 Science & Penemuan 3
Ternyata Watak Seseorang Bisa Di liat dari Tanggal ( 1 ) ary_ds Misteri & Supranatural 51
Kita Wajib Memperbaiki Diri Kita Sendiri Terlebih Dahulu nurcahyo Islam 1
Ketika Kita harus memberikan aksi puasa kita rahwana Katolik 7
Bayar Puasa Ramadhan Dulu Atau Puasa Sunah Syawal ? T-Rex Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.