Apakah benar botol plastik itu berbahaya bagi kesehatan???

jejesos

New member
Botol plastik, sekilas tak pernah ada yang salah dengan kemasan yang terkenal fleksibel dan murah ini. Tapi siapa sangka jika yang namanya kemasan botol plastik sendiri terkadang bisa mendatangkan bahaya bagi si penggunanya, waduh! Menurut penelitian yang di lakukan oleh beberapa lembaga kesehatan dunia, air minum yang di tampung dalam wadah botol plastik ternyata mengandung ribuan mikroba yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Menurut penelitian ada 100ribu mikroba yang terdiam di dalam kemasan air minum kemasan botol. Tetapi bagi anda yang sudah terlanjur mempunyai kebiasaan tersebut, yakni mengkonsumsi air minum dalam kemasan botol..ada cara sederhana untuk menghindarkan diri anda dari kekhawatiran yang timbul akibat mikroba yang menyakitkan tersebut.

bottled-water.jpg


Cara paling gampang yang bisa anda lakukan saat ini adalah dengan menghindarkan air minum kemasan botol yang anda konsumsi dari paparan langsung sinar matahari yang menyengat. Karena logikanya "Mikroba yang sudah ada dalam kemasan itu ibaratnya tertidur dan saat terpapar matahari atau berada pada suhu 50-55 derajat celcius dapat membangunkannya dan terus berkembang menjadi banyak, maka itu perlu cermat menyimpanya

Bakteri Patogen lha yang merupakan salah satu alasan mengapa pancaran sinar matahari harus di halau bersentuhan langsung dengan botol kemasan plastik yang anda gunakan. Tak pelak mesin kemasan minuman pun terkadang terkena imbas dari bakteri yang berbahya tersebut, terkadang pada produsen kurang detail dalam melakukan qualitas kontrol dalam pengolahan botol minuman kemasan , jadi bisa dibilang terkadang ada kesalahan besar dalam pengemasan yang kerap di lakukan oleh pabrik minuman botol plastik.

Memang ada baiknya penggunaan botol plastik hanya di lakukan dengan sekali pakai saja alias saat setelah di konsumsi ada baiknya anda menghancurkannya lalu membuangnya ke pembuangan sampah daur ulang. Nah dengan begini anda bisa menghindarkan diri anda dan lingkungan sekitar anda dari bahaya penggunaan botol minuman plastik secara berlebihan.
 
paling sakit perut laahh.. perut jadi rumahnya mikroba kan? mereka kalo pengen jajan berusaha keluar.. dinding perut maunya dibor ma mikroba .. biar bs jalan2 liat monas juja!
cxixixi... paling aman emang mimik asi langsung dari t4nya.
 
JENIS DAN KODE POLIMER UNTUK KEMASAN

Anda pasti sering melihat di bagian bawah plastik, terdapat kode-kode tertentu. Ternyata kode tersebut mempunyai makna, yang penting untuk kita ketahui. Kode tersebut dapat menunjukkan berapa kali pakai botol tersebut, mudah tidaknya di daur ulang, mudah tidaknya diuraikan. Kadang botol plastik hanya boleh dipakaisatu kali. Bahkan, jika dipakai berkali-kali, ada resiko terkena penyakit kanker. Nah, berikut jenis-jenis kode pada kemasan plastik yang dkutip dari matoa.org

13356901121768530942.jpg

Kode ini biasanya dipake pada botol plastik yang transparan, seperti botol air mineral. Angka 1 menunjukkan botol ini sekali pakai. Jadi, setelah diminum langsung dibuang. Kenapa tidak boleh dipakai berulang-ulang? Karena bila dipakai berulang-ulang (apalagi menggunakan air hangat) akan mengakibatkan lapisan polimer meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (pencetus kanker).

1335690149832814836.jpg

Kode ini biasanya dipake pada botol susu yang bewarna putih, galon, dan kursi lipat, dll. Jenis ini bersifat lebih kuat, keras, dan tahan pada suhu tinggi. Jenis ini lebih aman untuk kemasan makanan dan minuman, tapi tetap saja dianjurkan sekali pakai.

13356901811901771765.jpg

Kode ini menunjukkan jenis plastik yang paling sulit untuk didaur ulang. Maka dari itu, sebisa mungkin menghindari makanan dan minuman berwadah plastik berkode ini.

13356902161805604088.jpg

Plastik berkode ini sulit dihacurkan tapi bisa didaur ulang. Dan tetap baik untuk mengemas makanan dan minuman, karena bahannya sulit bereaksi dengan makanan yang dikemasnya.

13356902471679985401.jpg

Kode ini merupakan jenis plastik terbaik. Sebisa mungkin kita memilih jenis ini buat menyimpan makanan dan minuman.

1335690282834974482.jpg

Jenis ini biasa dipakai pada bahan makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Sebaiknya, kita harus menghindari plastik berkode ini, karena selain berbahaya bagi kesehatan, sulit juga untuk didaur ulang.

1335690311871327257.jpg

Kode ini ada 4 jenis (SAN, ABS, PC, dan Nylon). Untuk SAN dan ABS baik untuk kemasan makanan dan minuman. Sedangkan yang PC dan Nylon tidak baik untuk kesehatan.


Botol yang paling aman digunakan adalah nomor 4 & 5. Selain itu anda bisa menggunakan botol stainless steel, kaca, atau bamboo bottle.

source
 
serem ya -_-a
kerjaan kalin berhubungan banget ama plastik..
sisa plastik yg ga terpakai, mending kalin jual, biar didaur ulang..

eh, kalo plastiknya kemakan gimana, tuh??
kan ada penjual gorengan nakal yang plastiknya dilarutkan ke minyak goreng!!
 
iya emang serem banget non. makanya orang-orang go green kan ngurangin banget penggunaan plastik.

nah kalo soal gorengan kagak ngarti dah tuh non, kita taunya enak aja kan wikikiki
 
Back
Top