Review Asus X550D: Notebook AMD dengan Layar Besar

kin_banjarmasin

New member
Asus-X550D_4.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan APU dari AMD? Salah satu produk dari AMD yang terkenal dengan kemampaun IGP-nya yang tinggi ini cukup diminati oleh masyarakat sebagai solusi untuk sebuah gaming PC yang murah dan cukup bertenaga. Selain desktop, ternyata AMD sudah mengeluarkan APU versi mobile untuk notebook dan sudah banyak vendor yang mengeluarkannya. ASUS sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berusaha menawarkan sebuah notebook multimedia menggunakan APU di produk terbarunya yaitu X550D.

ASUS X550D adalah sebuah notebook 15” yang dilengkapi dengan Windows 8. Notebook ini didominasi dengan warna hitam secara keseluruhan dan juga silver di daerah keyboard. Notebook ini dirancang oleh sang produsen menggunakan bahan plastik pada keseluruhan body-nya, namun terasa cukup kokoh saat dipegang sehingga memiliki tingkat durabilitas cukup tinggi. Untuk casing-nya sendiri, Asus mendesain notebook ini dengan baik pada bagian penutup layar LCD-nya yang diberikan tekstur alumunium.

Notebook ini menggunakan AMD APU atau lebih tepatnya AMD A10-5750M sebagai dapur pacunya. Prosesor ini memiliki kecepatan standar 2.5GHz, namun dapat ditingkatkan menjadi 3.5GHz saat fitur turbo aktif. Selain itu, notebook ini juga dilengkapi dengan memori DDR3 4 GB untuk menunjang kinerja prosesor.

Beralih ke grafis yang diusungnya, Asus X550D dilengkapi dengan AMD HD8670M yang merupakan IGP dari APU yang digunakan. Meskipun hanya mengandalkan IGP sebagai pengolah grafis, kemampuan IGP ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Anda dapat menggunakannya untuk bermain game pada tingkat resolusi dan settingan tertentu. Bagi Anda memiliki hobi bermain game atau menonton film, Asus X550D telah dilengkapi dengan layar sebesar 15.6” dengan resolusi 1366×768 sehingga sangat nyaman untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dengan dimensi 380 x 251 x 25.1mm, notebook ini terasa cukup ringkas saat dibawa pergi, tetapi bobot 2.26 kg yang dimilikinya kurang begitu bersahabat untuk Anda yang lebih banyak memiliki aktivitas mobile di luar ruangan.

Asus X550D memiliki konektivitas yang terbilang cukup lengkap. Tersedia 2 buah port USB 3.0 dan satu buah port USB 2.0 yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transfer data. Selain itu terdapat juga D-Sub port dan HDMI port yang dapat digunakan untuk menghubungkan notebook ke display external. Tersedia pula Ethernet Port yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan notebook ke jaringan Internet menggunakan kabel LAN.

ASUS X550D ternyata dilengkapi dengan numpad sehingga memudahkan Anda yang sudah terbiasa menggunakan keyboard untuk Desktop PC. Namun hal tersebut akan membutuhkan waktu penyesuaian pada saat menggunakannya karena ukuran keycap keyboard terasa cukup kecil. Touchpad yang diusung pada X550D ini memiliki ukuran cukup besar sehingga memudahkan Anda disaat menggunakannya.
 
Back
Top