Obat tradisional asam lambung

evnuabiyoso

New member
Obat Tradisional Asam Lambung .- Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual.Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan disebut GERD ( gastroesophageal reflux disease). Gejala GERD ciri-cirinya adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan, dan rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa.

Dalam jangka panjang, GERD akan menyebabkan komplikasi di daerah kerongkongan, seperti radang, pendarahan, dan penyempitan. Beredarnya cairan lambung di daerah yang tidak seharusnya juga bisa menyebabkan kesulitan menelan, pencetus asma, batuk menahun, bahkan bisa menimbulkan kanker kerongkongan. Jadi, jangan sepelekan penyakit yang diakibatkan asam lambung ini.
Beberapa Cara Alami Mengelola Asam Lambung Antara Lain :

1. Mengurangi Berat Badan
2. Mengurangi Makanan Pemicu Refluks
3. Minum Air Satu Jam Sebelum Makan

Hal – Hal Yang Harus Di Perhatikan :

Minum penetral asam lambung
Hindari minum susu ( susu dapat meningkatkan asam lambung )
Minum obat penghilang rasa sakit
Kurangi Makanan Berlemak
Hindari makanan dan minuman yang asam – asam

Mencegah Asam Lambung :

Air hangat :perbanyak konsumsi air hangat. Minumlah segelas air hangat setiap pagi setelah bangun tidur.
Konsumsi buah : Pisang, semangka, mentimun adalah buah yang bisa mengurangi produksi asam lambung. Sebaiknya Anda konsumsi buah-buahan tersebut setiap hari.
Waktu makan sebelum tidur : Sebaiknya Anda makan dua atau tiga jam sebelum tidur. Ini untuk mengurangi risiko sekresi asam lambung berlebihan.
Jangan menunda makan : Jarak yang lama antara waktu makan juga pemicu asam lambung. Sebaiknya jangan menunda makan. Lebih baik konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tetapi lebih sering daripada jarak waktu makan sangat lama.
Permen karet : Cobalah mengunyah permen karet untuk merangsang produksi saliva (air liur). Saliva membantu perpindahan makanan melalui saluran esophagus dan bisa meredakan heartburn.

Makanan Yang Harus Di Hindari :

1. Cokelat
Cokelat adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ketika asma lambung meningkat. Ini karena cokelat mengandung kafein dan penuh lemak. Jika Anda memiliki kecenderungan asam lambung, sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsi cokelat.

2. Makanan pedas
Selain menyebabkan mulas dan tak baik untuk lambung, makanan pedas juga bisa menyebabkan asam lambung semakin meningkat. Makan makanan pedas ketika asam lambung naik bisa menambah rasa terbakar pada bagian perut, dada, dan tenggorokan.

3. Makanan berbahan tomat
Tomat adalah salah satu makanan sehat, namun sayangnya tomat juga mengandung kadar asam yang tinggi dan bisa memperburuk rasa sakit ketika asam lambung meningkat. Lebih baik jangan dekati makanan yang mengandung tomat, seperti spageti atau saus tomat.

4. Makanan asam
Tentu saja, ketika asam lambung meningkat, sebaiknya Anda tak mengonsumsi makanan yang asam. Hindari buah-buah atau minuman yang asam seperti jeruk, jeruk nipis, atau lainnya. Untuk minum, lebih baik konsumsi air putih. banyak minum air putih bisa meredakan asam lambung.

5. Gorengan
Gorengan berkaitan dengan kenaikan asam lambung dan rasa mulas. Lemak jenuh yang ada di dalamnya membuat perut menjadi tak nyaman. Untuk itu, ketika mengalami kenaikan asam lambung, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang digoreng.

6. Minuman bersoda
Minuman bersoda tak baik untuk lambung ketika terjadi kenaikan asam lambung. Gelembung sodanya yang berisi karbon bisa memberikan tekanan pada lambung dan membuat asam semakin naik.

7. Alkohol
Meski alkohol tak mengandung banyak asam, namun meminumnya masih bisa menyebabkan masalah. Alkohol membuat sam lambung semakin naik ke kerongkongan. Hal ini semakin mungkin terjadi jika Anda mencampur alkohol dengan jus atau minuman lain.
Penyebab :

Bakteri Helicobacter Pylori
Pola makan yang buruk seperti makan mie instan berlebihan
Makanan yang digoreng seperti gorengan dipinggir jalan
Kebiasaan Merokok

Gejala :

Perut terasa penuh dan kembung
Perasaan tak nyaman dikerongkongan
Rasa seperti terbakar pada lambung
Kesulitan jika menelan makanan
Rasa yang amat perih dan sakit pada ulu hati dan batuk kering
Rasa seperti terbakar atau rasa tak nyaman pada kerongkongan bawah
Terasa mual dan ingin muntah
Sumber :obat tradisional
 
mantapni infonya buat w yang ada masalah dengan asam lambung,,kasih repu ah,,

sayangnyo Makanan Yang Harus Di Hindari,,makanan yg aye demen bgt :(
 
Back
Top