Non, Ini Cara Efektif Memberi Anak Makan Saat Dia Sakit

mpokbibah

New member
Saat si kecil sakit, hal tersulit adalah memberi dia makan. Saat si kecil tidak sakit saja makannya sulit, apalagi kalau sakit. Tapi kalau dia gak makan, kasihan si kecil yah.

Justru saat sakit tubuhnya perlu banyak asupan makanan bergizi dan bervitamin agar cepat sembuh.

Nah tiap penyakit itu ada trik sendiri gimana mancing selera makannya. Menu yang diberikannya pun beda-beda. Contohnya kayak gini :

• Flu
Kunci sembuh dari flu, istirahat yang cukup dan banyak makan makanan bergizi. Kebutuhan energi dan proteinnya lebih tinggi dibandingkan dalam kondisi normal, karena metabolismenya meningkat. Supaya si kecil nyaman makannya, pilih deh yang berkuah misalnya aneka sup. Selain hangat, juga sehat. Sebaiknya sup buatan sendiri, sup ayam paling tepat tuh.

• Batuk
Batuk sebenarnya bukan penyakit, tapi mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan. Batuk itu gejala penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi yang terjadi di tenggorakan. Sama dengan flu, agar pertahanan tubuh si kecil lebih kuat, dia perlu energi dan protein lebih. Beri makanan yang lunak, hangat, dan berkuah tentunya. Non juga bisa kasih minuman hangat misalnya jahe dengan madu. Jangan pernah kasih izin si kecil makan gorengan, makanan manis dan dingin. Batuknya bisa tambah parah nanti.

• Diare
Saat pencernaannya terganggu karena diare, pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap tubuh. Buah dan sayur yang seratnya rendah masih aman. Contohnya pisang, apel, wortel, apricot, kentang dan kacang polong. Bahan makanan ini mengandung pektin untuk membantu menyerap air. Hindari makanan pedas, dan asam yang dapat merangsang lambung., makanan yang mengandung serat tinggi juga makanan berlemak tinggi yang mengandung susu dan santan.

• Sembelit
Ini penyakit langganan anak khususnya yang jarang konsumsi sayur dan buah. Kurang serat membuat tinja sulit keluar. Untuk mengatasinya, pilih makanan yang seratnya tinggi misalnya pepaya, jeruk, alpukat, dan buah plum. Dan beri juga si kecil asupan cairan sebanyak 1-1,5 liter agar pencernaannya lancar.

• Sariawan
Paling gak enak saat terkena sariawan, makan apapun rasanya gak enak. Nah kalau si kecil sakit sariawan, non kasih makanan yang mudah melewati mulut dan tenggorokannya contohnya bubur dan jus yang halus dan lembut. Tetap pastikan si kecil mendapat kerbohidrat cukup. Kalau dia sulit mengunyah nasi, non bisa ganti karbohidrat lain yang lebih lunak contohnya kentang, umbi-umbian. Pilih juga makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, stroberi, tomat, kiwi, dan brokoli.

Itu dia cara efektif memberi makan saat si kecil sakit. Semoga membantu yah. Di sini lo harus sedikit kreatif agar dia mau makan. Kalau dia gak doyan sayur, coba buat si sayur agar tidak terlihat atau buat makanan semenarik mungkin. Lo juga harus kasih contoh kalau makan sayur dan buah itu bagus untuk kesehatannya.

sumber : ayahbunda
 
Last edited:
Back
Top