Pemahaman Konseptual tentang Ideologi

3denda

New member
Ideologi bukanlah istilah asing bagi kita. Istilah tersebut akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Melalui media masa, kita sering mendengar dan membaca istilah itu. Bahkan, mungkin kita pun sering menggunakan istilah itu.

Ketika kita mendengar, membaca, atau menggunakan istilah ideologi, kita tahu bahwa yang dibicarakan adalah tentang gagasan. Ideologi memang berkenaan dengan gagasan. Tetapi, gagasan macam apakah ideologi itu? Apa sesungguhnya ideologi itu?

Tidaklah mudah menjawab pertanyaan itu. karena ideologi merupakan istilah yang memiliki beragam makna. Artinya apa yang dimaksud seseorang dengan istilah itu bisa sama sekali berbeda dari apa yang dimaksud oleh orang lain. Itulah sebabnya kita perlu secara singkat menelusuri dimensi historis makna ideologi.

Jorge Larrain (1979-1996) dalam buku Konsep Ideologi telah menunjukkan dengan baik tentang betapa ada banyak tradisi pemikiran mengenai pengertian ideologi. Untuk kepentingan pembahasan kita, pemikiran Nicolo Machiavelli, Antoine Destut de Tracy, Karl Marx, dan louis Althusser mengenai makna ideologi patut kita pertimbangkan.

Kunjungi kelanjutannya di : http://3denda.blogspot.com/2014/10/pemahaman-konseptual-tentang-ideologi.html
 
Back
Top