Pikiran Terbuka Itu Apa Sih? Contohnya Bagaimana?

azizi

New member
Mohon dijawab yang tau ya, apakah maksudnya agar kita mengeri dan menerima kalau ada hal lain yang sebelumnya kita tidak percaya padahal ada atau sebaliknya
 
Memiliki pikiran terbuka artinya bersedia mempertimbangkan atau menerima ide-ide baru dan berbeda. Menjadi fleksibel dan menyesuaikan dengan pengalaman dan ide-ide baru.

open mind Mengolah pikiran terbuka adalah keluaran bernilai lain dari berpikir kritis dan masuk akal.

Kini lebih banyak dari yang pernah kita hidupi dalam sebuah dunia yang secara konstan berubah.

Untuk mengikutinya, kita harus terbuka pada pengalaman-pengalaman dan cara-cara baru melihat segala sesuatu. Jika kita tidak mengikuti kita akan ketinggalan tentang teknologi-teknologi baru seperti internet, telepon genggam, fotografi digital, ipod, dst. yang membuat hidup kita lebih mudah dan lebih menarik setiap hari.

Orang-orang yang terbuka pikirannya bersedia mengubah pandangan-pandangan mereka ketika disajikan fakta-fakta dan bukti-bukti baru. Orang-orang yang tidak dan anti berubah akan kurang diuntungkan.

Jika kita membatasi diri kita pada apa yang kita ketahui dan lebih nyaman dengan masa lalu, kita akan menjadi semakin frustasi.

Masyarakat secara keseluruhan telah menjadi semakin liberal, dan lingkungan-lingkungan yang tidak dapat diterima bertahun-tahun lampau sekarang diterima.

Jika kita memilih mendekati hidup dalam cara yang sama hari demi hari, juga menjadi bosan dan tidak terinspirasi, kita akan mengurangi bakat intelektual kita.

Jika di pihak lain, kita mencari cara-cara baru melakukan dan melihat segala sesuatu, kita akan memperlebar kemampuan intelektual kita, menemukan hidup lebih menarik, dan memperluas pengalaman-pengalaman kita.

Menjadi pola pikir terbuka juga membantu kita dengan pemecahan masalah. Pertama-tama membantu kita melihat lebih banyak dari satu cara untuk mendekati sebuah masalah; kemudian kita menemukan lebih melebar, cara-cara memecahkan masalah. Ketika kita menghadapi pilihan lebih banyak, tidak bisa disangkal solusi-solusi lebih baik lebih tersedia bagi kita.

Akhirnya, memiliki pikiran terbuka membantu kita memperluas horizon-horizon kita dan menjadi lebih beragam dan pribadi yang menarik.


sumber : sekolahonline.info


semoga kutipan di atas bisa menjawab pertanyaannya :D
 
hehehe hanya mencari di mbah google dan mencari kutipan yang sekiranya cocok aja, untuk contohnya tia kurang begitu ngerti... makasi reppunya [<:)
 
Apakah ini yang dimaksudkand orang harus berpikir positif? Tanpa mengalihkan persoalan, maka saya lebih melihat pikiran terbuka analog dengan pikiran positif. Orang yang berpikiran positif, segala sesuatu dilihatnya tanpa curiga. Pengalamannya benar-benar dijadikan sebagai guru untuk memotivasi diri dan hidupnya.
 
kalau dari sudut pandang tia, pemikiran Positif kadang bisa berakibat negatif juga kalau salahlangkah, berbeda dengan berpikiran terbuka yang pasti akan menilai dan menganalisa kebenarannya terlebih dahulu, kalau berfikiran positif dan tidak menaruh curiga pasti kadang ada yang memanfaatkan kelemahannya
 
Back
Top