Nih Jenis Batuk Bayi yang Perlu Lo Tahu

mpokbibah

New member
Apa non selama ini selalu menganggap batuk itu suatu penyakit? Padahal nih batuk itu bukan suatu penyakit. Batuk hanya sebuah reflek pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang bagi bayi dirasa cukup mengganggu yang adanya di saluran pernafasan bayi.

Walaupun bukan suatu penyakit, tapi ada beberapa jenis batuk yang perlu diwaspadai. Ini beberapa jenis batuk yang dimaksud, coba perhatikan bayi non seperti ini kah batuk yang dialami?

• Batuk menyalak/batuk kering
Disebabkan oleh croup, yaitu suatu peradangan yang terdapat pada larings dan trakea karena suatu alergi, adanya perubahan suhu di malam hari dan adanya infeksi pernafasan akibat virus. Khusus pada bayi, saluran pernafasan yang kecil ini akan semakin menyempit saat mengalami peradangan. Di beberapa kasus, pita suara akan membengkak yang menyebabkan bayi kesulitan untuk bernafas.

• Batuk rejan
Seringkali diakhiri dengan seolah-olah ingin muntah. Batuk rejan ini umumnya disebabkan oleh bakteri pertussis, bakteri ini secara khusus dapat menular melalui percikan cairan yang keluar karena bersin, tertawa atau batuk. Jadi, sebisa mungkin jika non menemukan ada yang kena batuk rejan, jauhkan si bayi dari mereka yah.

• Batuk dengan mengi
Batuk mengi ini ditandai dengan ada bunyi mengi saat si bayi mengeluarkan napas. Batuk ini sendiri menandakan ada suatu sumbatan pada jalan napas bawah. Penyumbatan ini bisa saja disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi akibat infeksi pernapasan, misalnya bronkiolitis atau pneumonia, karena asma dan ada yang nyangkut di jalan napas si bayi.

• Stridor
Sedikit beda dengan batuk mengi, stridor ini justru lebih mirip suara napas yang berisik dan kasar. Suara ini akan terdengar saat si bayi menghirup udara. Kalau terdengar stridor, sebaiknya segera bawa ke dokter, karena stridor ini paling sering disebabkan karena ada pembengkakan pada jalan napas karena croup.

Agar bayi gak batuk, sebaiknya non selalu pastikan bayi dalam kondisi hangat dan terhindar dari penyebab batuk. Non bisa mengoleskan minyak telon yang hangat untuknya saat sehabis mandi atau saat di malam hari. Selain menghindari gigitan nyamuk juga.

sumber
 
batuk kering tuh yang sering terjadi pada bayi. bner kata tia, kesian si bayi kalau udah kena batuk, susah bobo
 
sebenernya lebih menyakitkan batuk berdahak atau ga ya? soalnya kalau berdahak itu kan bikin nafas susah jga =??=
 
Back
Top